Tuesday, February 4, 2020

Ketahui Manfaat Mengkonsumsi Kedelai Sebelum Berolahraga

Ketahui Manfaat Mengkonsumsi Kedelai Sebelum Berolahraga


Kedelai merupakan tanaman jenis polong - polongan yang sudah sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia. Tanaman kedelai, terutama bagian kacangnya sering diolah menjadi berbagai produk makanan maupun minuman seperti tempe, tahu, kecap, susu kedelai dan sebagainya. Kacang kedelai juga bisa diolah dengan cara direbus untuk dikonsumsi. Kacang kedelai diketahui memiliki berbagai nutrisi penting bagi tubuh seperti protein, vitamin, serta, kalsium, dan lechitin. Selain itu, kacang kedelai juga memiliki kandungan lemak tak jenuh yang kita kenal sebagai asam linoleat atau omega 3. Asam lemak omega sendiri merupakan salah satu nutrisi penting yang dapat membantu mengurangi risiko terserang penyakit kanker dan penyakit jantung.

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa kedelai merupakan tanaman yang memiliki kandungan protein nabati yang paling tinggi. Protein sendiri berfungsi sebagai sumber asam amino bagi manusia. Asam amino ini kemudian diolah menjadi energi yang dapat dimanfaatkan untuk aktivitas sehari - hari. Hal ini membuat kacang kedelai sangat baik dikonsumsi sebelum berolahraga.


Berikut ini merupakan manfaat yang bisa anda peroleh jika anda rutin mengkonsumsi kacang kedelai sebelum berolahraga, yaitu :

1. Membantu membakar lebih banyak lemak

Kedelai merupakan salah satu jenis makanan yang memiliki indeks glikemik yang snagat rendah. Indeks glikemik merupakan nilai yang mengukur seberapa cepat karbohidrat dari makanan diubah menjadi gula dalam tubuh. Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan tahun 2013 dalam journal of food sciences and nutrion menyebutkan bahwa dengan mengkonsumsi makanan yang memiliki nilai indeks glikemik rendah sebelum berolahraga, hal terbut dapat membantu mempercepat proses pembakaran lemak dan membuat proses pembakaran lemak menjadi lebih efektif.

2. Menambah massa otot

Jika anda merupakan penggemar body bulding, maka jangan lupa untuk meningkatkan asupan protein yang masuk kedalam tubuh anda. Jika anda termasuk vegetarian, anda bisa memperoleh protein dengan jumlah banyak dengan mengkonsumsi berbagai produk olahan kacang kedelai seperti tahu, tempe, susu kedelai, maupun mengkonsumsi kedelai rebus. Sebuah penelitian yang melibatkan para atlet pria yang ingin meningkatkan massa ototnya menemukan peningkatan massa tubuh tanpa lemak. Selama 9 minggu, para atlet diberikan asupan kacang kedelai sebanyak 33 gram saat menjalani latihan. Selain kedelai, mereka juga memberikan whey protein sebagai pembandingnya. Hasilnya adalah baik kacang kedelai maupun whey protein menunjukkan hasil yang sama. Tetapi, kacang kedelai dinilai lebih unggul Karena juga memiliki kandungan antioksidan, sedang whey protein tidak memiliki kandungan antioksidan.

3. Sumber energi yang tidak bikin gemuk


Salah satu manfaat mengkonsumsi kacang kedelai adalah dapat membantu mengendalikan berat badan. Hal ini karena kedelai termasuk jenis makanan dengan nilai glikemik rendah. Seperti yang telah kita sebutkan diatas bahwa makanan yang memiliki nilai glikemik rendah diketahui dapat membantu menurunkan berat badan dengan cara mempercepat proses pembakaran lemak.  Hal ini tentunya menjadikan kacang kedelai sebagai makanan atau camilan yang cocok dikonsumsi sebelum berolahraga.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:

Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search