Tuesday, February 4, 2020

Ketahui Pengaruh Makanan Berlemak Terhadap Kesuburan Wanita

Ketahui Pengaruh Makanan Berlemak Terhadap Kesuburan Wanita



Kesuburan merupakan salah satu faktor penting dalam menghasilkan keturunan. Jika salah satu dari pasangan, baik suami maupun istri mengalami masalah kesuburan, makan proses menghasilkan keturunan pun bisa terhambat. Masalah kesuburan bisa terjadi pada pria maupun wanita. Pada pria, masalah kesuburan biasanya berhubungan dengan kualitas sperma maupun kemampuan pria dalam menghasilkan sperma. Sedangkan pada wanita, masalah kesuburan biasanya berhubungan dengan kemampuan menghasilkan sel telur yang berkualitas yang dapat dibuahi sperma. Selain itu, terdapat beberapa faktor lain yang juga mempengaruhi kesuburan seorang wanita, salah satunya adalah faktor makanan.

Seperti kita ketahui, makanan merupakan salah satu unsur penting yang harus dipenuhi untuk bertahan hidup. Tanpa makanan, manusia tidak dapat bertahan hidup karena nutrisi tubuhnya berasal dari asupan makanan. Makanan juga menetukan berbagai faktor dalam kehidupan manusia seperti faktor kesehatan, kekuatan, hingga faktor kesuburan. Faktor kesuburan terutama kesuburan wanita, juga dipengaruhi oleh faktor makanan atau lebih tepatnya persentase lemak yang ada didalam tubuh. Lemak tubuh yang terlalu sedikit bisa menyebabkan terhentinya menstruasi sehingga kesuburanpun juga ikut menurun. Lalu, untuk meningkatkan kesuburan, apakah wanita harus banyak mengkonsumsi makanan berlemak? berikut ini merupakan ulasan mengenai pengaruh makanan berlemak terhadap kesuburan wanita.

Seperti yang kita ketahui, wanita memiliki 2 hormon reproduksi utama, salah satunya adalah hormon estrogen. Hormon estrogen sendiri berfungsi dalam proses pematangan organ reproduksi wanita, terutama untuk perkembangan payudara, pertumbuhan rambut kemaluan, serta siklus menstruasi. Hormon estrogen diproduksi oleh ovarium, yaitu sepasang kelenjar yang ada pada organ reproduksi wanita dan turut menghasilkan sel telur. Selain terdapat pada ovarium, hormon estrogen juga diproduksi oleh sel - sel lemak serta kelenjar adrenal yang ada pada ginjal. Hormon estrogen memiliki jumlah yang berubah - ubah sepanjang siklus menstruasi. Produksi hormon estrogen mencapai puncaknya saat pertengahan siklus dan menurun ketika memasuki periode mentruasi.

Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan jumlah hormon estrogen didalam tubuh adalah dengan mengkonsumsi makanan  - makanan yang mengandung lemak. Meskipun tidak secara langusng meningkatkan kesuburan, namun lemak merupakan bahan baku utnuk membentuk hormon estrogen. Asupan lemak yang cukup diketahui mendukung berlangsungnya proses ovulasi hingga pembuahan terjadi. Hal inilah yang membuat anda memerlukan asupan lemak untuk bisa mendapatkan kehamilan. Tetapi, tidak semua lemak bisa membantu proses kehamilan lho. Hanya lemak tidak jenuh saja yang bisa membantu meningkatkan kesuburan wanita, termasuk jenis lemak omega 3.

Perlu anda ketahui, lemak tak jenuh merupakan jenis lemak baik yang dapat menurunkan kolesterol, meredakan peradangan, dan baik untuk kesehatan jantung.


Berikut ini merupakan beberapa jenis makanan yang mengandung jenis lemak tak jenuh:
  • Ikan salmon, tuna, hering, makarel, dan teri.
  • Alpukat, kacang kenari, dan almond.
  • Buah zaitun dan minyaknya.
  • Telur dan daging ayam.
  • Cokelat hitam.



Selain lemak tak jenuh, ada jenis lemak lain yang sebaiknya anda hindari, yaitu jenis lemak jenuh. Lemak jenuh merupakan jenis lemak jahat atau lemak trans yang mengandung sangat tinggi kolestrol yang bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Lemak jenis ini biasa ditemukan pada produk makanan olahan, junk food, beberapa jenis margarine, dan beberapa jenis gula. Bukannya meningkatkan kesuburan, lemak jenuh justru dapat menghambat proses ovulasi dan meningkatkan risiko terjadinya kemandulan. Oleh karena itu, selalu pilihlah jenis makanan yang mengandung lemak tak jenuh yang bisa meningkatkan faktor kesuburan anda. Selain lemak, anda juga perlu mengkonsumsi berbagai jenis nutrisi lain seperti karbohidrat, protein, serat, serta vitamin dan mineral.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:

Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search