Tuesday, February 4, 2020

Ketahui Jenis Sayur Yang Bermanfaat Untuk Tumbuh Kembang Anak

Ketahui Jenis Sayur Yang Bermanfaat Untuk Tumbuh Kembang Anak


Pertumbuhan dan perkembangan anak berada dalam periode terbaik ketika ia berada pada masa balita atau ketika berumur 0 - 5 tahun. Pada periode tersebut, orang tua harus berusaha untuk meningkatkan dan menjaga asupan gizinya supaya proses tumbuh kembang anak berjalan dengan baik. Tahap tumbuh kembang anak sendiri terbagi menjadi dua, yaitu tumbuh atau growth dan kembang atau development. Tumbuh merupakan proses perubahan fisik yang bisa diukur, sedangkan kembang merupakan pertambahan kemampuan struktur dan fungsi tubuh yang lebih kompleks. Pertumbuhan dan perkembangan pada anak - anak dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik faktor internal maupun faktor eksternal. Faktor internal meliputi jenis kelamin, ras, usia, genetik, dan kromosom. Sedangkan faktor eksternal meliputi keadaan lingkungan sosial, ekonomi, Nutrisi, dan stimulasi psikologis.

Salah satu faktor penting yang mempengaruhi tumbuh kembang anak adalah faktor asupan nutrisi. Ketika anak berada dalam periode emas atau ketika berusia 0 - 5 tahun, mereka harus mendapatkan asupan gizi dan nutrisi yang cukup. Salah satu sumber nutrisi penting yang bermanfaat untuk proses tumbuh kembang anak adalah berbagai jenis sayuran. Kebutuhan sayuran pada setiap anak berbeda-  beda, tergantung usia dan jenis kelaminnya.


Berikut ini merupakan jumlah sayuran yang harus dikonsumsi oleh anak - anak dalam sehari berdasarkan kedua faktor tersebut, yaitu :
  • Usia 1 sampai 2 tahun : 2 - 3 sajian.
  • Usia 2 sampai 3 tahun : 2,5 sajian.
  • Usia 4 sampai 8 tahun : 4,5 sajian.
  • Usia 9 sampai 11 tahun : 5 sajian.
  • Usia 12 sampai 18 tahun : laki - laki sebanyak 5,5 sajian, sedangkan perempuan 5 sajian.

Satu sajian sendiri sama seperti 75 gram sayuran atau setara dengan semangkuk bayam matang. Hal ini berarti, jika anda memiliki anak yang berusia 7 tahun, maka kebutuhan sayur hariannya sebanyak 337,5 gram.


Berikut ini merupakan beberapa jenis sayur yang baik untuk proses pertumbuhan dan perkembangan anak, yaitu :

1. Wortel

Wortel merupakan salah satu jenis sayuran yang baik untuk proses tumbuh kembang anak. Seperti yang telah kita ketahui, wortel merupakan sayuran yang kaya akan beta karoten. Beta karoten sendiri merupakan bahan baku vitamin A yang sangat penting dalam proses tumbuh kembang anak, terutama untuk membangun sistem kekebalan tubuh dan melindungi sel - sel tubuh dari kerusakan. Selain itu, wortel juga mengandung berbagai jenis vitamin seperti vitamin A, vitamin B1, B3, dan B6 yang membantu tubuh dalam memproduksi energi dan bermanfaat bagi perkembangan otak.

2. Brokoli

Salah satu jenis sayuran lain yang juga bermanfaat bagi tumbuh kembang anak adalah brokoli. Brokoli merupakan salah satu sayuran terbaik yang mengandung berbagai nutrisi penting seperti vitamin A, vitamin C, dan asam folat. Vitamin A merupakan vitamin yang berfungsi untuk menjaga kesehatan mata pada anak - anak dan melindungi sel tubuh anak dari berbagai kerusakan. Vitamin C memiliki fungsi untuk merangsang pembentukan kolagen yang berguna dalam pertumbuhan tulang dan jaringan tubuh. Sedangkan asam folat memiliki kegunaan untuk proses pembelahan dan perkembangan sel - sel baru yang menyusun tubuh.

3. Bayam


Bayam merupakan sayuran yang wajib hadir dalam menu sehari - hari anak anda. Hal ini karena tanaman bayam mengandung berbagai jenis nutrisi penting seperti vitamin A, C, E, asam folat, zat belsi, kalsium, dan masih banyak lagi. Kombinasi berbagai zat besi tersebut sangat bermanfaat untuk perkembangan mata, melindungi sel tubuh dari kerusakan, dan menjaga kelangsungan fungsi tubuh selama masa pertumbuhan.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:

Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search