Tuesday, February 4, 2020

Bupivacaine : Obat Untuk Menghilangkan Rasa Sakit Selama Operasi

Bupivacaine : Obat Untuk Menghilangkan Rasa Sakit Selama Operasi


Pernahkah anda mengalami suatu penyakit atau suatu kejadian hingga dilakukan prosedur pembedahan? Ketika sedang menjalani pembedahan, pasti anda akan terasa mengantuk dan tidak sadarkan diri. Anda baru menyadarinya ketika prosedur pembedahan tersebut sudah selesai. Lalu, kenapa hal itu bisa terjadi? Sebelum membahas lebih jauh, anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan pembedahan. Pembedahan atau prosedur operasi merupakan suatu pekerjaan yang dilakukan oleh professional kesehatan yang bertujuan untuk mengobati penyakit atau luka dengan melakukan operasi manual dan dibantu dengan berbagai instrument atau alat bedah. Sebelum ditemukannya obat - obatan modern, proses pembedahan atau prosedur operas dilakukan dengan cara manual, yaitu dengan menyayat lapisan kulit pasien dan menangani gangguan yang ada didalamnya.

Tentunya, proses pembedahan secara manual tersebut sangat menyakitkan dan memiliki risiko sangat tinggi untuk terinfeksi oleh berbagai jenis virus maupun bakteri. Kemudian, seiring dengan semakin berkembangnya ilmu kedokteran, manusia pun mencari cara untuk meminimalisir rasa sakit ketika sedang menjalani prosedur operasi atau proses pembedahan. Setelah berbagai proses penelitian dan ujicoba, akhirnya ditemukanlah jenis obat anestesi yang dapat menghilangkan rasa sakit atau lebih tepatnya menghilangkan kesadaran seseorang selama menjalani prosedur operasi. Salah satu obat anestesi yang dapat digunakan untuk menghilangkan rasa sakit pada saat menjalani prosedur operasi adalah bupivacaine.

Bupivacaine merupakan obat yang berfungsi untuk memblokir rasa skait selama menjalani prosedur medis dan operasi, seperti pada proses persalinan maupun pada saat operasi gigi. Bupivacaine termasuk kedalam kelas obat anestetika atau bius lokal. Obat ini bekerja dengan cara menghambat sistem saraf yang mengirim sinyal rasa sakit ke otak anda. Bupivacaine adalah obat yang digunakan dengan cara disuntikkan langsung ke area yang dibuat kebas atau matirasa selama prosedur operasi. Anda akan menerima suntikan obat ini di dokter gigi maupun di rumah sakit. Bupivacaine merupakan salah satu jenis obat yang paling baik jika disimpan dalam suhu ruangan. Jauhkan obat ini dari paparan sinar matahari langsung dan jangan menyimpannya pada tempat yang lembab seperti di kamar mandi.


Dosis bupivacaine untuk orang dewasa

Dosis umum untuk anestesi lokal :
  • Anestesi infiltasi lokal : 0,25% konsentrat disuntikkan sampai dosis maksimum.
  • Blok epidural : konsentrat 0.75% disuntikkan satu kali dengan takaran 75 - 150 mg untuk bius total, bukan bius untuk persalinan.
  • Anestesi epidural untuk persalinan : 0,5% dan 0,25% yang boleh digunakan selama proses persalinan.

Dosis umum untuk bedah cesar :
  • Anestesi tulang belakang : takaran dosis 7,5 - 10,5 mg.


Dosis bupivacaine untuk anak - anak

Dosis umum untuk anestesi lokal :
  • Blok epidural : 1,25 mg/kg/dosis
  • Blok caudal : 1 - 3,7 mg/kg
  • Blok saraf peripheral : sintikkan konsentrat 0,25% atau 0,5% dengan takaran dosis 5 ml.


Efek samping

Sama seperti jenis obat - obatan lainnya, bupivacaine juga dapat menimbulkan efek samping. Tetapi, tidak semua orang dapat mengalami dan merasakan efek samping akibat penggunaan obat bupivacaine. Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang mungkin terjaid akibat penggunaan obat bupivacaine, yaitu :
  • Mual dan muntah
  • Kedinginan
  • Gemetar
  • Sakit kepala
  • Nyeri punggung




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:

Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search