Tuesday, February 4, 2020

Busulfan : Obat Untuk Mengobati Penyakit Leukemia

Busulfan : Obat Untuk Mengobati Penyakit Leukemia


Leukemia adalah nama lain dari penyakit kanker darah. Penyakit leukemia termasuk kedalam klasifikasi penyakit kanker yang terjadi pada darah atau pada sumsum tulang. Penyakit leukemia ditandai dengan bertambah banyaknya sel - sel pembentuk darah di sumsum tulang dan jaringan limfoid secara tidak normal serta umumnya terjadi pada sel darah putih atau leukosit. Penyakit leukemia termasuk penyakit yang berbahaya karena jumlah sel darah putih yang berlebihan didalam aliran darah seseorang dapat membuat produksi sel -sel darah lainnya menjadi terganggu. Hal ini tentunya membuat produksi sel darah putih menjadi terlalu banyak dan tidak terkendali sehingga dapat mengganggu fungsi tubuh dalam melawan infeksi.

Hingga saat ini belum ditemukan penyebab penyakit leukemia secara pasti. Namun, penyakit ini diduga dapat disebabkan oleh faktor internal maupun faktor eksternal tubuh seperti kelainan kromosom, paparan polusi, paparan radiasi, hingga kebiasaan merokok. Tetapi, anda bisa mengatasi dan meringankan gejala penyakit leukemia dengan menjalani beberapa jenis pengobatan dan tentunya dengan mengkonsumsi obat - obatan yang dibuat khusus untuk mengatasi penyakit leukemia. Salah satu obat yang sering digunakan untuk mengatasi penyakit leukemia adalah busulfan. Busulfan merupakan obat yang sering digunakan utnuk mengatasi penyakit leukemia myelogenous kronis (CML).

Selain digunakan untuk mengatasi penyakit leukemia, busulfan juga bisa digunakan sebagai pengobatan awal bagi pasien yang akan menjalani transplantasi sel. Obat ini tidak memang tidak bisa menyembuhkan penyakit leukemia secara menyeluruh, tetapi obat busulfan dapat membantu mengontrol penyakit sehingga kualitas hidup anda dapat meningkat dan kesehatan anda terjaga dengan baik. Busulfan merupakan obat yang dapat dikonsumsi baik dengan makanan maupun tanpa makanan. Obat ini biasa dikonsumsi sebanyak satu kali sehari atau sesuai petunjuk dokter. Busulfan merupakan salah satu jenis obat yang paling baik jika disimpan dalam suhu ruangan. Jauhkan obat ini dari paparan sinar matahari langsung dan jangan menyimpannya pada tempat yang lembab.


Dosis busulfan untuk orang dewasa

Dosis dewasa untuk penyakit leukemia myelogenous kronis :
  • Dosis awal : 60 mcg/kg atau 1,8 mg/m2, diminum sebanyak satu kali sehari.
Dosis dewasa untuk transplantasi sumsum tulang :
  • 2 - 4 mg/kg yang diminum setiap 6 jam selama 4 hari.


Dosis busulfan untuk anak - anak

Dosis anak untuk penyakit leukemia myelogenous kronis :
  • Berat badan hingga 12 kg : 1,1 mg/kg
  • Berat badan diatas 12 kg : 0,8 mg/kg
Dosis anak untuk transplantasi sumsum tulang :
  • Sumsum ablative rejimen : 0,5 mg/kg sampai 1 mg/kg diminum setiap 6 jam selama 4 hari.
  • Program hematopoietic transplantasi sel induk : 40 mg/m2/dosis setiap 6 jam selama 4 hari.


Efek samping

Sama seperti jenis obat - obatan lainnya, busulfan juga dapat menimbulkan efek samping jika digunakan. Tetapi, tidak semua orang dapat mengalami dan merasakan efek samping akibat penggunaan obat busulfan. Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan obat busulfan, yaitu :
  • Mual dan muntah
  • Diare
  • Sembelit
  • Kehilangan nafsu makan
  • Sakit perut
  • Sakit kepala atau pusing
  • Kesulitan tidur




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:

Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search