Tuesday, February 4, 2020

Tips Mencegah Penyakit Kanker Tenggorokan

Tips Mencegah Penyakit Kanker Tenggorokan


Jika kita mendengar penyakit kanker, pasti yang ada dalam bayangan kita adalah sebuah penyakit yang sangat mengerikan dan mematikan. Penyakit kanker banyak sekali jenisnya tergantung dari organ tubuh mana yang diserang, misalnya penyakit kanker yang menyerang aliran darah disebut kanker darah, penyakit kanker yang menyerang kulit disebut kanker kulit, serta berbagai penyakit kanker lainnya. Salah satu jenis penyakit kanker yang patut kita waspadai adalah jenis kanker tenggorokan. Kanker tenggorokan sendiri bukanlah istilah yang ditujukan untuk menyebut suatu penyakit. Istilah kanker tenggorokan ditujukan untuk penyakit kanker yang menyerang berbagai organ tubuh yang ada didalam tenggorokan seperti kotak suara, pita suara, atau bagian - bagian tenggorokan lainnya.

Kanker tenggorokan merupakan jenis penyakit kanker yang jarang terjadi jika dibandingkan dengan jenis penyakit kanker lainnya. Menurut national cancer institute, sebanyak 1% orang dewasa diketahui mengidap kanker faring, sedangkan sebanyak 0,4% orang dewasa lainnya diketahui mengidap penyakit kanker laring. Tingkat keselamatan para penderita kanker tenggorokan tergantung dari keparahan dan stadium penyakit. Penyakit kanker tenggorokan umumnya dibagi menjadi dua jenis, yaitu kanker faring dan kanker laring.


Kemudian, dari kedua jenis kanker tersebut dibagi lagi menjadi beberapa jenis kanker lainnya, yaitu :

1. Kanker faring

Kanker faring merupakan jenis kanker yang berkembang didalam faring atau tabung yang terletak dibelakang hidung dan memanjang menuju batang tenggorokan. Kanker jenis ini dibagi lagi menjadi beberapa bagian, yaitu :
  • Kanker nasofaring : Penyakit kanker yang menyerang bagian atas tenggorokan.
  • Kanker orofaring :  Penyakit kanker yang menyerang bagian bawah tenggorokan.
  • Kanker hipofaring : Penyakit kanker yang menyerang bagian bawah tenggorokan.


2.Kanker laring

Kanker laring merupakan jenis penyakit kanker yang berkembang di area kotak suara. Kanker jenis ini juga terbagi menjadi beberapa bagian lain, yaitu :
  • Kanker glottis : Penyakit kanker yang menyerang bagian tengah pita suara.
  • Kanker supraglottis : Penyakit kanker yang menyerang yang menyerang bagian atas pita suara.
  • Kanker subglottis : Penyakit kanker yang menyerang bagian bawah pita suara.

Karena penyakit kanker merupakan jenis penyakit mematikan dan angka kesembuhannya pun bisa dibilang sangat kecil, maka lebih baik kita lakukan upaya pencegahan sebelum penyakit kanker tersebut menyerang tubuh kita. 


Berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mencegah terjadinya penyakit kanker tenggorokan, yaitu :

1. Berhenti merokok

Pada kemasan rokok, biasanya selalu tertulis kalimat “merokok dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan seperti kanker, impotensi, serangan jantung, gangguan kehamilan dan janin”. Kalimat tersebut bukanlah sekedar kalimat penggertak, tetapi memang merupakan kalimat peringatan karena merokok dapat menimbulkan berbagai penyakit mematikan, salah satunya adalah penyakit kanker. Berhneti merokok sebelum terserang kanker merupakan salah satu solusi untuk mencegah terjadinya penyakit kanker. Meskipun tidka mudah, anda bisa melakukannya sedikit demi sedikit. Lakukanlah dengan niat dan tekad yang kuat supaya anda terbebas dari asap rokok.

2. Kurangi konsumsi minuman beralkohol

Jika anda memiliki hobi mengkonsumsi minuman beralkohol, maka kami sarankan anda untuk segera berhenti mengkonsumsinya. Hal ini karena di dalam minuman beralkohol terkandung senyawa yang cukup mematikan yaitu etanol. Etanol sendiri merupakan suatu senyawa yang diketahui dapat merusak DNA dan membuat sel - sel tubuh berkembang secara tidak normal dan akhirnya menumbuhkan tumor dan menyebabkan kanker. Jika anda hidup dan tinggal dilingkungan yang gemar mengkonsumsi minuman beralkohol, maka hindarilah dan pergi dari lingkungan tersebut supaya terbebas dari pengaruh alkohol.

3. Perbanyak konsumsi buah dan sayur


Buah dan sayur merupakan bahan makanan yang sangat kaya akan kandungan gizi. Berbagai zat gizi yang ada didalam buah - buahan dan sayur - sayuran dapat membantu anda untuk menjaga kesehatan tubuh anda, salah satunya yaitu dapat mencegah anda terserang penyakit kanker tenggorokan. Hal ini dikarenakan adanya kandungan antioksidan pada buah dan sayur yang dapat menangkal berbagai efek radikal bebas yang dapat memicu terjadinya penyakit kanker tenggorokan.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:

Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search