Tuesday, February 18, 2020

Mengenal Penyakit Lokal Yang Hanya Ada Di Indonesia

Mengenal Penyakit Lokal Yang Hanya Ada Di Indonesia


Indonesia merupakan Negara yang cukup unik, baik jika dilihat dari sudut pandang budaya yang sangat beragam, hingga nama -  nama penyakit yang tidak bisa ditemui dibelahan dunia manapun. Definisi dari penyakit sendiri merupakan suatu keadaan abnormal dari tubuh atau fikiran yang dapat menimbulkan rasa ketidaknyamanan, disfungsi, atau kesukaran terhadap orang yang dipengaruhinya. Ada banyak sekali jenis penyakit yang tersebar diseluruh penjuru dunia, mulai dari penyakit yang sudah dikenal secara medis, hingga penyakit yang belum terdefinisi secara medis. Indonesia sendiri merupakan Negara tropis yang beriklim lembab sehingga memungkinkan berbagai jenis jamur, virus, dan bakteri berkembang dengan baik sehingga sangat rentan mengalami suatu wabah penyakit. Sebut saja penyakit flu burung, DBD, malaria, chikungunya, tipes dan berbagai jenis penyakit lainnya yang pernah mewabah di Indonesia.

Tetapi, selain penyakit yang sudah dikenal dunia seperti DBD, malaria, chikungunya dan lainnya, ada juga beberapa jenis penyakit yang hanya dikenal oleh masyarakat Indonesia saja. Sebut saja penyakit masuk angin, anyang - anyangan dan penyakit angin duduk. Berbagai jenis penyakit tersebut mungkin sudah terdengar akrab ditelinga kita, tetapi sangat asing bagi masyarakat internasional. 


Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai beberapa jenis penyakit lokal yang hanya ada di Indonesia, yaitu :

1. Masuk angin

Jika anda berusaha mencari nama penyakit masuk angin dalam berbagai jurnal maupun literatur medis manapun, maka anda tidak akan pernah menemukannya. Hal ini karena masuk angin tidak tergolong sebagai sebuah penyakit. Masuk angin sendiri merupakan istilah awam yang merujuk pada kondisi malaise atau tidak enak badan. Kondisi ini ditandai dengan beberapa gejala seperti :
  • Tubuh terasa tidak sehat
  • Perasaan seperti mengalami suatu penyakit
  • Tubuh terasa lemah dan lesu
  • Rasa tidak nyaman pada seluruh tubuh
Sebagai orang awam, kita sering mengaitkan masuk angin dengan paparan udara luar atau suhu dingin yang cukup lama. Tetapi, sebenarnya masuk angin bisa menjadi sebuah pertanda dari penyakit lain seperti flu, diare, infeksi bakteri, hingga gangguan fungsi hati.


2. Anyang - anyangan

Anyang - anyangan sendiri merupakan kondisi yang sering kita alami. Kondisi ini ditandai dengan keinginan buang air kecil tanpa disertai dengan keluarnya urine atau urine yang keluar terlalu sedikit. Masyarakat Indonesia sering menyangka bahwa anyang - anyangan merupakan suatu jenis penyakit. Padahal, anyang - anyangan merupakan gejala dari penyakit infeksi saluran kemih. Penyakit  infeksi saluran kemih disebabkan oleh infeksi bakteri yang menyerang uretra atau saluran kemih sehingga menimbulkan beberapa gejala seperti rasa nyeri saat buang air kecil, urine tampak keruh, urine berbau tidak sedap, dan timbul rasa nyeri pada panggul. Kita sering menyangka bahwa kondisi anyang - angan disebabkan karena kurang minum. Padahal, kondisi ini tidak semata - mata disebabkan karena kurang minum. Tetapi, anda juga harus mengkonsumsi cukup air untuk menjaga kesehatan ginjal anda.


3. Angin duduk


Anda mungkin tidak akan menemui nama penyakit ini di Negara manapun selain di Indonesia. Tetapi, kondisi angin duduk sebenarnya memiliki istilah medis yang disebut dengan angina. Angina merupakan nyeri dada yang disebabkan oleh berkurangnya aliran darah menuju jantung. Angin duduk sendiri terbagi menjadi dua jenis yaitu angina stabil dan angina tidak stabil Angina stabil merupakan kondisi angin duduk yang bisa disembuhkan dengan cara beristirahat. Sedangkan angina tidak stabil merupakan kondisi berbahaya yang dapat menyebabkan serang jantung dan kematian mendadak jika tidak segera ditangani.


Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search