Tuesday, February 18, 2020

Budesonide : Obat Untuk Mengobati Radang Usus Dan Gangguan Penapasan

Budesonide : Obat Untuk Mengobati Radang Usus Dan Gangguan Penapasan


Pernahkah anda mendengar nama kortikosteroid? Kortikosteroid merupakan salah satu golongan obat yang diketahui memiliki beragam khasiat yang dapat mengobati berbagai penyakit. Kortikosteroid sendiri sebenranya merupakan kumpulan hormon yang diproduksi oleh tubuh manusia pada kelenjar adrenal. Hormon kortikosteroid berfungsi dalam pengaturan metabolisme karbohidrat, lemak dan protein, peredaran cairan tubuh, sistem imunitas atau pertahanan tubuh dan pembentukan tulang. Obat jenis kortikosteroid  sering digunakan untuk mengatasi gangguan produksi hormon pada kelenjar adrenal yang dapat membuat tubuh mengalami kekurangan hormon steroid. Selain itu, obat jenis kortiko steroid juga sering digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit lainnya seperti gangguan pernapasan, radang usus, alergi, dan berbagai penyakit lainnya.

Salah satu jenis obat kortikosteroid yang saat ini beredar di pasaran adalah budesonide. Budesonide merupakan obat yang digunakan untuk mengatasi peradangan pada usus seperti penyakit crohn dan penyakit colitis ulseratif. Budesonide tidak mengobati penyakit tersebut secara langsung, tetapi berperan untuk meredakan gejala yang ditimbulkan seperti nyeri dan diare, hingga gejala atau rasa sakit yang ditimbulkan benar - benar hilang. Budesonide merupakan obat jenis kortikosteroid yang bekerja dengan cara menurunkan respon kekebalan tubuh seseorang. Selalu ikuti petunjuk dan aturan yang diberikan oleh dokter dan apoteker anda sebelum menggunakan obat ini, untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal.

Budesonide tersedia dalam bentuk kapsul maupun dalam bentuk inhaler. Untuk obat budesonide dalam bentuk kapsul, obat ini dapat dikonsumsi baik dengan makanan ataupun tanpa makanan. Obat ini biasa diminum satu kali sehari setiap pagi hari. Dosis budesonide diberikan berdasarkan kondisi medis pasien dan respon pasien terhadap pengobatan yang sedang dilakukan. Sedangkan untuk obat budesonide dalam bentuk inhaler, hiruplah obat ini melalui hidung setiap kali diperlukan atau setiap kali penyakit asma anda kambuh. Budesonide merupakan salah satu jenis obat yang paling baik jika disimpan dalam suhu ruangan. Jauhkan obat ini dari paparan sinar matahari langsung dan jangan menyimpan obat ini pada tempat yang lembab.


Dosis budesonide untuk orang dewasa
  • Dosis dewasa untuk penyakit crohn : 9 mg dikonsumsi 1 kali sehari pad apagi hari selama 8 minggu.
  • Dosis dewasa untuk penyakit colitis ulseratif : 9 mg diminum sekali sehari pada pagi hari.
  • Dosis dewasa untuk asma : 1 hingga 2 inhalasi sebanyak 2 kali sehari.


Dosis budesonide untuk anak - anak
  • Dosis anak untuk asma : 0,5 mg total dosis harian diberikan sebanyak satu atau dua kali sehari dalam dosis terbagi.
  • Dosis anak untuk penyakit crohn : 9 mg/hari yang diberikan sekali sehari selama 7 sampai 8 minggu.


Efek samping

Sama seperti jenis obat - obatan lainnya, obat budesonide juga dapat menimbulkan efek samping jika digunakan. Tetapi, tidak semua orang dapat mengalami dan merasakan efek samping akibat penggunaan obat budesonide. Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan obat budesonide, yaitu :
  • Sakit kepala
  • Hidung tersumbat
  • Nyeri otot
  • Mual ringan
  • Ruam kulit ringan
  • Perubahan pada siklus haid




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search