Tuesday, February 18, 2020

Ketahui Manfaat Air Rebusan Daun Pepaya Bagi Kesehatan

Ketahui Manfaat Air Rebusan Daun Pepaya Bagi Kesehatan


Pernahkah anda mengkonsumsi daun pepaya? Jika anda tinggal di Indonesia, pasti anda sudah tidak asing dengan berbagai jenis makanan yang ada komposisi daun pepaya didalamnya seperti urab, pecel, dan berbagai hidangan lainnya. Daun pepaya sendiri merupakan salah satu jenis sayuran yang berasal dari pohon pepaya dan memiliki rasa yang sedkit pahit. Daun pepaya muda sering diolah menjadi berbagai jenis hidangan yang selain lezat juga menyehatkan. Selain itu, daun pepaya juga bisa diolah menjadi obat untuk mengatasi beberapa jenis penyakit. Meskipun memiliki rasa yang pahit, daun pepaya diketahui memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi, sehingga dapat membantu anda dalam menangkal efek radikal bebas.

Salah satu cara untuk memperoleh khasiat dari daun pepaya adalah dengan meminum air rebusannya. Air rebusan dari daun pepaya juga sering disebut sebagai teh daun pepaya.


Berikut ini merupakan manfaat dari teh daun pepaya atau air rebusan daun pepaya yang perlu anda ketahui, yaitu :

1. Meningkatkan sistem imunitas tubuh

Daun pepaya diketahui memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi sehingga memiliki kemampuan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang. Hal ini dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan oleh universitas Tokyo yang menyatakan bahwa ekstrak daun pepaya secara tradisional diketahui mampu meningkatkan sistem imunitas tubuh, terutama pada penderita penyakit kanker. Selain itu, ekstrak daun pepaya juga diketahui memiliki sifat anti tumor, sehingga mampu mencegah penyakit kanker dan mencegah timbulnya beberapa jenis alergi.

2. Meningkatkan trombosit

Trombosit merupakan sel darah yang memiliki peranan penting dalam proses pembekuan darah normal. Daun pepaya diketahui memiliki kemampuan untuk meningkatkan jumlah trombosit didalam tubuh manusia. Secara tradisional, ekstrak daun pepaya sering digunakan untuk meningkatkan jumlah trombosit darah pada penderita penyakit demam berdarah.

3. Anti depresan alami

Daun pepaya diketahui memiliki kandungan alkaloid yang dapat memberikan sensasi menyenangkan dan menenangkan. Zat ini merupakan salah satu jenis antidepresan alami yang sering ditemukan pada beberapa jenis tumbuhan, salah satunya adalah daun pepaya. Oleh karena itu, ketika anda sedang mengalami stress atau penurunan mood, maka anda dapa tmencoba mengkonsumsi teh daun pepaya untuk menigkatkan mood anda dan menghilangkan stress yang sedang anda alami.

4. Mengatasi malaria


Selain dapat mengatasi penyakit demam berdarah, air rebusan daun pepaya juga diketahui dapat mengatasi penyakit malaria. Hal ini karena adanya kandungan senyawa karpain didalam daun pepaya yang memiliki sifat antimalaria dan antiplasmodial. Senyawa karpain yang ada didalam pepaya memiliki kemampuan untuk melawan parasit penyebab penyakit malaria yang mempengaruhi sistem saraf pusat. Oleh karena itu, air rebusan daun pepaya juga baik diminum sebagai minuman harian untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search