Tuesday, February 18, 2020

Mengenal Daun Jelatang Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Mengenal Daun Jelatang Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan


Mungkin anda masih jarang mendengar atau belum mengetahui tentang daun jelatang, terlebih jika anda tinggal di wilayah perkotaan. Jelatang merupakan jenis tumbuhan yang berasal dari suku urticaceae. Sebelum ditemukannya pengobatan modern, daun jelatang sudah digunakan sebagai salah satu bahan dalam pembuatan obat tradisional. Daun jelatang dapat anda temui di beberapa Negara asia termasuk Indonesia. Daun dari tanaman jelatang mengadung racun yang dapat membuat kulit anda mengalami gatal, perih, kemerahan, dan bengkak jika anda menyentuhnya. Tetapi, anda tidak perlu khawatir karena racun yang ada pada daun jelatang bisa hilang jika sudah dimasak atau direndam dalam air.

Daun jelatang biasanya dikonsumsi dengan cara dikeringkan dan diseduh bersama dengan daun teh. Selain itu, daun jelatang juga digunakan sebagai bumbu masakan atau campuran masakan di beberapa Negara seperti Nepal dan india. Selain memiliki rasa yang mirip dengan daun bayam dan dapat diolah menjadi hidangan lezat, daun jelatang ternyata juga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan jika anda mengkonsumsinya secara rutin.


Berikut ini merupakan beberapa manfaat yang bisa anda peroleh jika anda rutin mengkonsumsi daun jelatang, yaitu :

1. Meredakan gejala pembesaran prostat jinak

Pembesaran prostat jinak merupakan kondisi ketika kelenjar prostat pria mengalami pembesaran tetapi bukan disebabkan oleh kanker. Kondisi ini dapat membuat seorang pria mengalami kehilangan kemampuan dalam mengeluarkan urin dari kandung kemih. Tetapi, gejala yang timbul akibat pembesaran prostat jinak dapat diatasi dengan cara mengkonsumsi daun jelatang. Menurut penelitian yang dilakukan pada tahun 2012 diketahui bahwa daun dan akar jelatang dapat digunakan untuk meredakan berbagai gejala yang ditimbulkanoleh pembesaran prostat jinak seperti susah buang air kecil, buang air kecil tidak tuntas, dan berbagai gejala inkontinensia urine lainnya. Hal ini karena daun jelatang memiliki kandungan zat kimia yang dapat mengatur keseimbangan hormon estrogen dan hormon testosterone.

2. Mengatasi rematik dan osteoarthritis

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal menyatakan bahwa dengan mengkonsumsi ekstrak daun jelatang diketahui dapat membantu mengatasi rematik. Selain itu, daun jelatang yang sudah direndam dan direbus juga bisa dioleskan langsung pada sendi anda yang mengalami nyeri seperti pada bagian lutut, punggung, pinggul, dan tangan.

3. Anti alergi


Meskipun daun jelatang dapat menyebabkan gatal - gatal jika disentuh, tetapi tanaman ini diketahui efektif untuk meredakan gejala alergi jika sudah diolah. Hal ini karena adanya kandungan zat antihistamin pada daun jelatang yang ampuh untuk menghentikan berbagai gejala alergi seperti  gatal, bersin - bersin, hidung berair, hidung berair, dan iritasi mata.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search