Tuesday, February 4, 2020

Mengenal Suplemen Glukomanan Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Mengenal Suplemen Glukomanan Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan


Pernahkah anda mengkonsumsi suplemen kesehatan? Lalu, seberapa pentingkah peran suplemen kesehatan bagi anda ? Sebelum membahas lebih jauh, ada baiknya kita harus mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan suplemen. Suplemen atau yang lebih dikenal dengan suplemen makanan merupakan produk buatan pabrik yang penggunaannya ditujukan untuk melengkapi asupan makanan ketika dikonsumsi dalam bentuk pil, kapsul, tablet, ataupun cairan. Suplemen makanan dapat memberikan berbagai nutrisi baik yang berasal dari ekstraksi berbagai produk makanan, baik yang berasal dari tumbuhan maupun yang berasal dari hewan. Salah satu suplemen makanan yang sedang populer saat ini adalah suplemen glukomanan.

Glukomanan merupakan suplemen makanan yang dipercaya dapat membantu anda untuk menurunkan dan mengendalikan berat badan jika dikonsumsi secara rutin. Selain itu, glukomanan juga dinilai aman untuk dikonsumsi sehari - hari karena berasal dari tanaman herbal yang memiliki banyak khasiat. Suplemen glukomanan dibuat dari proses ekstraksi akar tanaman konjac yang banyak tumbuh dan berasal dari kawasan asia. Tanaman konjac sendiri merupakan tanaman yang sudah lama digunakan dalam budaya kuliner jepang dan juga dalam tradisi pengobatan tiongkok untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti diare. Tetapi, kini khasiat dari glukomanan tidak hanya terbatas pada menyembuhkan diare saja, tetapi juga dapat digunakan untuk membantu menurunkan berat badan.

Glukomanan merupakan zat sintetis yang diperoleh dari ekstraksi tanaman konjac dan diketahui mengandung banyak sekali jenis serat larut. Serat larut sendiri merupakan jenis serat yang menarik air dari dalam tubuh serta dapat membantu untuk melunakkan feses. Oleh karena adanya kandungan serat larut dalam suplemen glukomanan, maka suplemen ini dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan seseorang.


Serat larut yang terkandung dalam suplemen memiliki beberapa manfaat sebagai berikut :
  • Mengandung lebih sedikit kalori.
  • Dapat membuat anda merasakan kenyang lebih lama.
  • Dapat mengurangi penyerapan protein dan lemak dari dalam tubuh.


Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal alternative therapies in health and medicine menyatakan bahwa dengan mengkonsumsi suplemen glukomanan sebanyak 2 hingga 4 gram sehari dapat menurunkan berat badan orang dewasa yang mengalami obesitas. Hal ini karena suplemen glukomanan mengandung ekstrak konjac yang dapat menyebabkan rasa kenyang setelah mengkonsumsi makanan tertentu. Tetapi, hasil penelitian tersebut hanya berlaku pada orang yang mengalami obesitas saja. Kondisi penurunan berat badan belum teruji pada orang yang memiliki berat badan normal. Selain itu, selama penelitian berlangsung, para peserta juga diminta untuk mengkonsumsi makanan tertentu yang diatur oleh dokter sehingga hasil penelitian ini belum sepenuhnya valid.


Cara satu - satunya yang bisa anda gunakan untuk menurunkan berat badan adalah dengan mengubah pola makan dan gaya hidup. Anda bisa melakukannya dengan mengkonsumsi makanan rendah lemak, kaya vitamin, serat dan protein yang telah terbukti efektif untuk membantu menurunkan dan mengendalikan berat badan dalam jangka waktu yang panjang. Untuk mengoptimalkan proses penurunan berat badan, anda juga diharuskan untuk melakukan olahraga rutin supaya pembakaran lemak yang dilakukan semakin optimal dan hasilnya pun juga akan memuaskan.





Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search