Tuesday, February 4, 2020

Tips Mengurangi Efek Samping Akibat Penggunaan Antibiotik

Tips Mengurangi Efek Samping Akibat Penggunaan Antibiotik


Antibiotik merupakan obat yang digunakan untuk mengatasi berbagai jenis penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Banyak sekali jenis antibiotik yang tersedia dengan beragam manfaat beserta efek samping yang menyertainya. Tidak hanya obat antibiotik saja, berbagai jenis obat lainnya pun juga memiliki risiko efek samping. Tetapi, obat antibiotik memerlukan perlakukan khusus untuk meminimalisir risiko terjadinya efek samping. Antibiotik merupakan jenis obat yang hanya bisa diperoleh dengan menggunakan resep dari dokter, sehingga penggunaannya tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Obat ini bisa digunakan untuk mengobati berbagai penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri seperti radang tenggorokan, bronkitis, pneumonia, dan infeksi saluran kemih.

Selain dapat menyembuhkan penyakit, obat - obatan jenis antibiotik juga bisa menimbulkan beberapa efek samping, seperti :
  • Sakit perut
  • Demam
  • Mual
  • Muntah
  • Diare
  • Hilangnya nafsu makan

Perlu anda ketahui bahwa antibiotik merupakan obat khusus yang hanya bisa digunakan untuk mengobati penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Obat ini tidak bisa digunakan untuk mengatasi penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus seperti pilek dan flu. Selain itu, penggunaan antibiotik yang tidak tepat juga bisa menyebabkan bakteri menjadi resisten atau kebal terhadap antibiotik sehingga penyakit yang anda alami sulit untuk disembuhkan. Jika anda mulai merasakan salah satu atau beberapa efek samping akibat penggunaan antibiotik, anda jangan langsung menghentikannya tanpa izin dari dokter. Hal tersebut justru dapat membuat penyakit anda kembali lagi, bahkan lebih kuat dari sebelumnya.

Selain dengan menjalani pengobatan medis, anda juga bisa mengatasi efek samping akibat penggunaan antibiotik secara alami.


Berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mengatasi efek samping akibat penggunaan antibiotik secara alami, yaitu :

1. Suplemen probiotik

Antibiotik merupakan obat yang berfungsi untuk membunuh bakteri. Tetapi, tidak hanya bakteri penyebab penyakit saja yang dibunuh, melainkan bakteri baik yang ada pada usus pun (probiotik) juga ikut hilang akibat penggunaan antibiotik. Padahal, probiotik merupakan jenis bakteri yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga sistem pencernaan supaya tetap sehat. Untuk mengatasi berkurangnya bakteri baik saat sedang menjalani pengobatan dengan menggunakan antibiotik, anda juga harus mengkonsumsi suplemen probiotik untuk mengembalikan bakteri baik yang hilang dari tubuh anda. Namun, anda harus memastikan bahwa obat antibiotik anda telah habis terlebih dahulu sebelum and amengkonsumsi suplemen ataupun mengkonsumsi makanan yang mengandung probiotik.

2. Teh herbal

Untuk mengatasi rasa mual setelah mengkonsumsi antibiotik, anda bisa mencoba mengatasinya dengan minum teh herbal yang terbuat dari jahe untuk mengurangi efek sampingnya. Jika anda tidak menyukai jahe, and abisa memilih daun raspberry untuk membantu mengatasi diare yang timbul akibat mengkonsumsi antibiotik.

3. Atur pola makan


Efek samping akibat penggunaan antibiotik juga bisa diredakan dengan cara memperbanyak konsumsi buah - buahan, sayuran, dan sumber protein tanpa lemak. Selain itu, anda juga harus menghindari berbagai makanan berminyak seperti gorengan, agar tidak memperberat kerja lambung dan menyebabkan sakit perut.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search