Tuesday, February 4, 2020

Mengenal Virus Corona Dan Cara Mencegahnya

Mengenal Virus Corona Dan Cara Mencegahnya


Beberapa hari belakang, dunia tengah digemparkan oleh mewabahnya virus corona didataran negeri tirai bambu atau lebih tepatnya di Negara tiongkok. Virus corona pertama kali terkonfirmasi mewabah di daerah wuhan, tiongkok. Kemudian, tidak lama setelah itu, beberapa Negara melaporkan bahwa dinegaranya juga sedang mewabah virus corona. Yang menjadi pertanyaan dalam benak setiap orang adalah mengapa virus corona dapat menyebar dengan cepat dan seberapa mematikankah virus korona tersebut ? Pemerintah tiongkok sendiri menyatakan bahwa virus corona telah memakan korban jiwa lebih dari 25 orang dan telah menjangkiti ribuan orang lainnya. Virus corona bisa tersebar dengan mudah melalui udara. Para peneliti juga menemukan fakta bahwa setiap orang yang terinfeksi virus corona rata - rata berpotensi menyebarkan ke dua atau tiga orang lainnya yang sehat.

Menurut organisasi kesehatan dunia (WHO), virus corona merupakan keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit flu biasa hingga penyakit yang lebih parah seperti penyakit mers dan sars. Gejala dari infeksi virus corona diantaranya demam, batuk, dan kesulitan bernapas. Pemerintah tiongkok menyatakan bahwa virus corona mulai mewabah di daerah wuhan pada bulan desember tahun lalu. Mereka juga mengatakan bahwa virus corona diperkirakan berasal dari hewan liar yang dijual di pasar makanan laut huanan yang terletak di pusat kota wuhan. Pelru diketahui bahwa pasar makanan laut huanan merupakan pasar yang menjual berbagai makanan unik dan tidak biasa seperti anak serigala, rubah hidup, buaya, salamander raksasa, ular, tikus, burung merak, landak, daging unta, hingga musang.

Berbagai jenis binatang yang dijual di pasar makanan laut huanan merupakan spesies yang terkait dengan pandemik sebelumnya yaitu virus SARS yang mewabah pada tahun 2002 sampai 2003 lalu. Virus corona diketahui berkembang lebih lambat dibandingkan dengan virus SARS. Hal ini karena virus corona membutuhkan waktu lama untuk berkembang dair gejala awal sehingga peluang seseorang sembuh dari virus corona semakin besar. Virus corona diketahui dapat membuat seseorang mengalami sakit pada saluran pernapasan bagian atas dengan tingkat ringan hingga sedang, mirip dengan sakit flu biasa. Gejala lainnya seperti pilek, batuk, sakit tenggorokan, sakit kepala dan demam dapat berlangsung selama beberapa hari. Selain itu, bagi orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, virus corona dapat menyebabkan berbagai penyakit lain seperti pneumonia maupun bronkitis.


Tips mencegah penularan virus corona

Virus korona merupakan kelompok virus yang berkembang dan menyebar pada hewan dan kini telah bermutasi sehingga dapat berkembang dan menyebar ke manusia juga. Virus corona diketahui berasal dari pasar makanan ekstrim di tiongkok dan menyebar dengan cepat melalui udara, sehingga pencegahan berfokus pada menghalangi virus tersebut masuk kedalam saluran pernapasan kita. 



Berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mencegah penularan virus corona, yaitu :
  • Hindari mengkonsumsi daging dan telur mentah.
  • Hindari area berasap ataupun menghirup asap rokok.
  • Segeralah minum obat jika muncul gejala awal terjangkit virus corona.
  • Gunakan masker ketika bepergian.
  • Hindari bepergian ke daerah pandemik corona.
  • Selalu mencuci tangan setelah batuk dan bersin.
  • Selalu tutup mulut ketika batuk maupun bersin.
  • Beristirahatlah dengan cukup.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:

Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search