Tuesday, February 4, 2020

Darbepoetin Alfa : Obat Untuk Mengatasi Anemia Pada Penderita Gagal Ginjal

Darbepoetin Alfa : Obat Untuk Mengatasi Anemia Pada Penderita Gagal Ginjal


Gagal ginjal merupakan suatu kondisi penurunan fungsi ginjal dibawah batas normal. Kondisi gagal ginjal juga bisa berkembang menjadi lebih parah dan disebut sebagai gagal ginjal kronis. Gagal ginjal kronis terjadi ketika ginjal anda tidak dapat lagi menyaring kotoran, tidak mampu mengontrol jumlah air dalam tubuh, dan juga tidak mampu mengontrol kadar garam dan kalsium dalam darah. Kondisi ini membuat zat - zat sisa metabolisme yang tidak berguna akan tetap tinggal dan mengendap didalam tubuh sehingga lambat laun dapat membahayakan kondisi pasien. Salah satu tanda dari penyakit gagal ginjal kronis adalah timbulnya perasaan lemah, lesu dan tidak bertenaga atau yang lebih kita kenal dengan kondisi anemia.

Anemia pada penderita gagal ginjal kronis diketahui terjadi karena ginjal tidak mampu lagi melakukan penyaringan kotoran sehingga zat - zat sisa metabolisme tetap ada didalam darah dan membuat darah tidak bisa bersirkulasi dengan baik. Untuk mengatasi gejala anemia pada penderita gagal ginjal kronis, anda bisa menggunakan beberapa jenis obat - obatan, salah satunya adalah darbepoetin alfa. Darbepoetin alfa merupakan obat yang digunakan untuk mengatasi anemia pada orang yang mengidap kondisi gagal ginjal kronis dan orang yang menerima kemoterapi untuk beberapa jenis kanker terutama jenis kanker non myeloid. Darboetin alfa juga termasuk obat yang dapat membantu mengurangi kebutuhan untuk tranfusi darah. Obat ini bekerja dengan cara memberikan sinyal pada sumsum tulang untuk membuat lebih banyak sel darah merah.

Darboetin merupakan obat yang diberikan melalui suntikan dibawah kulit atau kedalam pembuluh darah sesuai dengan arahan dari dokter. Jangan sekalipun mengguncang - guncang obat ini dan jangan mencampurkannya dengan obat lain atau cairan IV. Selalu periksa produk ini sebelum menggunakannya untuk memastikan bahwa tidak ada partikel asing maupun perubahan warna. Jika hal tersebut muncul, maka jangan gunakan obat ini. Dosis diberikan berdasarkan kondisi medis anda dan respon anda terhadap pengobatan yang dilakukan. Darboetin alfa merupakan salah satu jenis obat yang paling baik jika disimpan dalam suhu ruangan. Jauhkan obat ini dari paparan sinar matahari langsung dan jangan menyimpannya pada tempat yang lembab.


Dosis darboetin alfa untuk orang dewasa
  • Untuk pasien yang mengalami gagal ginjal kronis yang tidak dalam dialisis, dosisnya adalah 0,45 mcg/kg yang diberikan melalui infus atau suntikan setiap 4 minggu sekali sesuai dengan kondisi pasien.
  • Untuk pasien yang mengalami gagal ginjal kronis dengan dialisis, dosisnya adalah 0,45 mcg/kg/minggu atau 0,75 mcg/kg/2 minggu sesuai dengan kondisi pasien.
  • Untuk pasien yang sedang menjalani pengobatan kanker, dosisnya adalah 2,25 mcg/kg melalui suntikan sekali dalam seminggu.


Dosis darboetin alfa untuk anak - anak
  • Hingga saat ini belum ditemukan dosis darboetin alfa yang sesuai untuk anak - anak. Obat ini mungkin mengandung zat berbahaya jika digunakan oleh pasien anak sehingga penggunaannya hanya ditujukan untuk pasien dewasa saja.


Efek samping

Sama seperti jenis obat - obatan lainnya, darboetin alfa juga dapat menimbulkan efek samping. Tetapi, tidak semua orang dapat mengalami dan merasakan efek samping tersebut. Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan darboetin alfa, yaitu :
  • Sakit perut
  • Batuk ringan
  • Ruam kulit ringan atau kemerahan
  • Nyeri, memar, bengkak, kemerahan, atau pembengkakan pada area suntikan




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:

Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search