Tuesday, February 4, 2020

Mengenal Diet Okinawa Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Mengenal Diet Okinawa Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan


Okinawa merupakan sebuah prefektur atau daerah setingkat provinsi yang ada di bagian paling selatan Negara jepang. Selain memiliki keindahan alam yang sangat mempesona, prefektur ini juga terkenal dengan angka harapan hidupnya yang sangat tinggi dengan usia penduduk rata - rata mencapai lebih dari 100 tahun. Rahasia dibalik tingginya angka harapan hidup masyarakat Okinawa ternyata berasal dari tradisi kuliner mereka serta pola hidup sehat yang mereka terapkan. Selain itu, prefektur Okinawa juga termasuk ke dalam daftar zona biru dunia, yaitu wilayah dengan penduduk paling sehat di dunia. Umur panjang yang dimiliki oleh penduduk Okinawa bisa saja dipengaruhi oleh faktor genetik, gaya hidup dan sebagainya. Tetapi, para peneliti menyatakan bahwa umur panjang penduduk Okinawa diperoleh dari tradisi kuliner mereka yang menerapkan pola diet yang disebut dengan diet Okinawa.

Diet Okinawa merupakan pola diet yang terdiri atas konsumsi makanan dan minuman yang rendah kalori dan rendah lemak. Mereka sering menyertakan makanan yang berbahan dasar  sayuran dan kedelai sebagai menu makanan sehari - hari mereka. Seiring dengan perkembangan zaman, diet Okinawa juga ikut berkembang. Jika sebelumnya diet Okinawa mengutamakan menu rendah kalori dan tinggi karbohidrat. Maka diet Okinawa sekarang lebih banyak mengutamakan makanan yang mengandung protein dan lemak. Pola makan diet Okinawa terbaru diyakini memiliki kandungan makro nutrisi lebih banyak jika dibandingkan dengan pola makan diet Okinawa sebelumnya.

Berikut ini merupakan kandungan makro nutrisi yang terdapat pada metode diet Okinawa versi tradisional dan versi terbaru, yaitu :

Diet Okinawa original (Tradisional)
  • Karbohidrat : 85%
  • Protein : 9%
  • Lemak : 6 %, termasuk lemak jenuh 2%

Diet Okinawa terbaru (Modern)
  • Karbohidrat : 58%
  • Protein : 15%
  • Lemak : 28%, termasuk lemak jenuh 7%


Diet Okinawa merupakan jenis metode diet yang tidak memiliki banyak aturan serta tidak terlalu rumit. Makanan yang dikonsumsi dalam diet Okinawa-pun merupakan makanan sederhana. Metode diet Okinawa mengutamakan makanan padat, bernutrisi tinggi, serta memiliki kandungan antioksidan dalam jumlah yang tinggi. Perlu anda ketahui bahwa masyarakat Okinawa hanya mengkonsumsi sedikit nasi. Tetapi, sebagai gantinya mereka biasanya mendapatkan kalori tambahan dari ubi, biji - bijian, kacang - kacangan, serta sayur - sayuran.

Berikut ini merupakan contoh menu makanan masyarakat Okinawa, yaitu :
  • Sayuran (58 - 60%) : Ubi ungu, rumput laut, rebung, lobak daikon, melon pahit, kubis dan wortel.
  • Biji - bijian (33%) : Millet, gandum, beras, dan mi.
  • Produk kedelai (5%) : Tahu, miso, natto, dan edamame
  • Daging dan makanan laut (1-2%) : Sebagian besar ikan putih dan makanan laut.
  • Lainnya (1%) : Alkohol, teh, rempah - rempah, dan kaldu.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:

Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search