Tuesday, February 4, 2020

Dantrolene : Obat Untuk Mengatasi Kekencangan Otot Akibat Gangguan Saraf

Dantrolene : Obat Untuk Mengatasi Kekencangan Otot Akibat Gangguan Saraf


Pernahkah anda mengalami kejang atau melihat orang yang mengalami kejang ? Jika kita perhatikan, orang yang mengalami kejang biasanya langsung terjatuh dan anggota tubuhnya bergerak secara tidak terkendali, khususnya pada bagian tangan dan kaki, serta mata penderita kejang umumnya mendelik keatas dengan tatapan kosong dan mengeluarkan busa dari mulutnya. Mengapa bisa demikian ? Berdasarkan sudut pandang medis, kejang merupakan kondisi gangguan listrik pada otak manusia yang terjadi secara tiba - tiba dan tidak terkendali. Kondisi ini dapat menyebabkan terjadinya perubahan perilaku, gerakan, perasaan, dan kesadaran anda. Kondisi kejang juga dapat terjadi dari tingkat ringan hingga parah, dan apabila anda mengalami kejang lebih dari 5 menit, maka anda harus segera mendapatkan pertolongan medis.

Kejang merupakan kondisi umum yang dapat terjadi pada semua orang tanpa memandang gender maupun usia. Gangguan kejang bisa terjadi setelah anda mengalami stroke, cedera kepala tertutup, maupun setelah anda terserang beberapa infeksi termasuk meningitis. Penyakit ini dapat diatasi dengan mengurangi beberapa faktor risiko penyebabnya dan dengan mengkonsumsi beberapa jenis obat - obatan. Salah satu obat yang bisa anda gunakan untuk mengatasi kejang adalah dantrolene. Dantrolene merupakan obat yang sering digunakan untuk mengatasi kekencangan otot, kejang, dan kram akibat gangguan saraf tertentu seperti cedera saraf  tulang belakang, stroke, cerebral palsy, dan multiple sclerosis.

Dantrolene merupakan salah satu obat yang termasuk kedalam jenis relaksan otot. Obat ini bekerja dengan cara melemaskan otot - otot dan membantu mengurangi nyeri otot dan kekakuan otot serta dapat meningkatkan kemampuan anda untuk bergerak dan membantu anda dalam melakukan kegiatan sehari - hari. Selain digunakan sebagai obat kejang, dantrolene juga bisa digunakan untuk mengobati kondisi umum tertentu seperti sindrom neuroleptik ganas yang melibatkan kekakuan otot, demam, dan detak jantung cepat yang disebabkan karena pengaruh obat - obatan jenis psikiatri. Selalu ikuti panduan dan petunjuk dari dokter sebelum menggunakan obat ini untuk mendapatkan manfaat dan hasil yang maksimal.

Dantrolene merupakan obat yang hanya tersedia di rumah sakit saja. Obat ini hanya boleh diberikan kepada pasien oleh tenaga professional kesehatan seperti dokter maupun perawat. Dosis yang diberikan pun tergantung  dari kondisi medis pasien dan respon pasien terhadap pengobatan yang sedang dilakukan. Untuk pengobatan kejang otot jangka panjang, dokter mungkin perlahan - lahan akan meningkatkan dosis untuk mencegah terjadinya efek samping hingga ditemukan dosis yang tepat untuk mengatasi penyakit anda. Dantrolene merupakan salah satu jenis obat yang paling baik jika disimpan dalam suhu ruangan. Jauhkan obat ini dari paparan sinar matahari langsung dan jangan menyimpannya pada tempat yang lembab.


Dosis dantrolene untuk orang dewasa

Dosis dewasa untuk hipertermia maligna :
  • 2,5 mg/kg diberikan melalui infus sekitar 75 menit sebelum anestesi.
  • 4-8 mg/kg/hari secara oral dibagi menjadi 3 - 4 dosis dan dikonsumsi 1 - 2 hari sebelum operasi.


Dosis dantrolene untuk anak - anak

Dosis anak untuk hipertermia maligna :
  • 2,5 mg/kg diberikan melalui infus sekitar 75 menit sebelum anestesi.
  • 4-8 mg/kg/hari secara oral dibagi menjadi 3 - 4 dosis dan dikonsumsi 1 - 2 hari sebelum operasi.


Efek samping

Sama seperti jenis obat - obatan lainnya, dantrolene juga bisa menimbulkan efek samping. Tetapi, tidak semua orang dapat mengalami dan merasakan efek samping tersebut. Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan obat dantrolene, yaitu :
  • Mengantuk
  • Merasa lemah, lelah, lesu, dan tidak bertenaga
  • Pusing
  • Sakit kepala
  • Diare ringan
  • Sembelit




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:

Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search