Tuesday, February 4, 2020

Ketahui Bahan Makanan Yang Dapat Mencegah Terjadinya Penggumpalan Darah

Ketahui Bahan Makanan Yang Dapat Mencegah Terjadinya Penggumpalan Darah


Proses penggumpalan darah atau dalam bahasa ilmiah disebut dengan koagulasi, merupakan suatu proses yang sangat bermanfaat dalam hal penyembuhan luka. Tetapi, jika penggumpalan darah justru terjadi pada pembuluh darah, maka akan timbul masalah baru yaitu terjadinya penyumbatan pembuluh darah. Jika pembuluh darah tersumbat, maka aliran oksigen dari jantung oleh otak yang dialirkan melalui darah menjadi terhambat juga. Dengan kata lain, hal ini akan memicu berbagai penyakit mematikan lainnya seperti penyakit stroke dan serangan jantung. Untuk mengatasi kondisi penggumpalan darah, anda bisa menggunakan obat - obatan jenis anti koagulan. Namun, jika anda termasuk orang yang tidak bisa menerima obat, anda juga bisa mengkonsumsi beberapa jenis makanan untuk mencegah terjadinya proses penggumpalan darah.

Berikut ini merupakan beberapa jenis makanan yang bisa anda gunakan untuk mencegah terjadinya proses penggumpalan darah, yaitu :

1. Kunyit

Kunyit merupakan salah satu jenis rempah yang hampir selalu tersedia di setiap rumah. Kunyit biasa digunakan sebagai bumbu masakan untuk memberikan warna kuting pada masakan sekaligus menguatkan rasa masakan. Selain itu, kunyit juga bisa anda gunakan sebagai obat tradisional untuk mencegah terjadinya proses penggumpalan darah. Hal ini dibuktikan melalui sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2012 tentang aktivitas antikoagulan pada kunyit yagn dipakai untuk bumbu kari. Zat kurkumin yang terkandung didalam kunyit diketahui dapat mencegah terjadinya penggumpalan darah dengan cara menghambat faktor - faktor pembekuan darah.

2. Bawang putih

Salah satu bahan makanan yang tersedia hampir di setiap rumah yan gbisa dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk mencegah terjadinya penggumpalan darah adalah bawang putih. Hal ini dikarenakan bawang putih memiliki sifat antibiotik alami dan juga anti mikroba. Perlu anda ketahui bahwa dalam 1 siung bawang putih mengandung alisin, yaitu senyawa aktif yang diketahui berperan menjadi anti koagulan. Selain itu, sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa bawang putih memperlihatkan aktivitas anti trombotik. Senyawa anti trombotik sendiri merupakan zat yang dapat mengurangi penggumpalan darah, sehingga bawang putih diyakini dapat mengencerkan darah meskipun efeknya hanya sebentar.

3. Jahe


Rempah lain yang bisa digunakan sebagai obat alami yang bisa mencegah penggumpalan darah adalah jahe. Hal ini karena jahe memiliki kandungan asam asetilsalisilat atau aspirin. Apirin sendiri merupakan turunan dari asam salisilat yang dipercaya sebagai pengencer darah yang cukup kuat. Untuk mendapatkan efek antikoagulan ini, anda bisa mengkonsumsi jahe dengan dua cara, yaitu dengan cara dimakan mentah - mentah ataupun dicampur kedalam masakan.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:

Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search