Tuesday, February 4, 2020

Cinnarizine : Obat Untuk Mencegah Terjadinya Mabuk Perjalanan

Cinnarizine : Obat Untuk Mencegah Terjadinya Mabuk Perjalanan


Mabuk perjalanan merupakan suatu kondisi yang dalam istilah medis disebut dengan motion sickness. Mabuk perjalanan sendiri tidak digolongkan sebagai gangguan kesehatan, tetapi lebih mengarah ke gangguan psikologis. Berdasarkan sudut pandang medis, motion sickness atau mabuk perjalanan disebabkan karena adanya perbedaan antara gerakan visual dengan sistem vestibular. Perbedaan tersebut kemudian menimbulkan konflik antara propioseptic (tekanan dan posisi pada otot, persendian, dan kulit) dan vestibular (pusat keseimbangan yang ada dibagian dalam telinga). Hal ini membuat vestibular menjadi terganggu, kemudian gangguan pada vestibular tersebut akan merangsang produksi histamin dari tubuh yang merangsang otak sehingga menimbulkan reaksi mual, pusing, dan muntah.

Mabuk perjalanan tentunya bukanlah suatu hal yang menyenangkan. Kondisi ini membuat perjalanan menjadi terganggu sehingga seseorang yang sedang dalam perjalanan tidak bisa menikmati perjalanannya maupun menyaksikan keindahan alam sepanjang perjalanan. Ketika seseorang mengalami mabuk perjalanan, biasanya orang tersebut juga mengalami gangguan makan, sehingga tidak bisa menelan obat. Biasanya, orang yang mengalami mabuk perjalanan ditangani dengan cara mengoleskan minyak angin pada bagian dada, leher, dan hidung supaya merasakan sensasi hangat sekaligus melegakan nafas. Tetapi, anda bisa mencegah terjadinya kondisi mabuk perjalanan dengan mengkonsumsi beberapa jenis obat - obatan, salah satunya adalah obat cinnarizine.

Cinnarizine merupakan obat yang digunakan untuk mencegah mabuk perjalanan dan mengobati berbagai gejala yang muncul pada penyakit meniere termasuk vertigo, tinnitus, dan perasaan mual. Cinnarizine merupakan obat yang hanya bisa dibeli diapotek dengan resep dari dokter. Selalu ikuti arahan dari dokter maupun petunjuk yang tertera pada kemasan obat sebelum menggunakan obat ini. Cinnarizine merupakan obat yang dikonsumsi secara oral, yaitu dikonsumsi melalui mulut dan didorong dengan segelas air. Obat ini dapat menimbulkan efek samping berupa gangguan pencernaan dan sakit perut. Tetapi, anda dapat meminimalisir risikonya dengan mengkonsumsi obat ini setelah makan. Cinnarizine merupakan salah satu jenis obat yang paling baik jika disimpan dalam suhu ruangan. Jauhkan obat ini dari paparan sinar matahari langsung dan jangan menyimpan obat ini pada tempat yang lembab.


Dosis cinnarizine untuk orang dewasa
  • Penyakit meniere : Minum 2 tablet sebanyak 3 kali sehari sesuai dengan instruksi dokter.
  • Mabuk kendaraan : 2 tablet diminum 2 jam sebelum melakukan perjalanan dan 1 tablet tiap 8 jam selama melakukan perjalanan bila diperlukan.


Dosis cinnarizine untuk anak - anak
  • Penyakit meniere : Minum 1 tablet sebanyak 3 kali sehari sesuai dengan instruksi dokter.
  • Mabuk kendaraan : 1 tablet diminum 2 jam sebelum melakukan perjalanan dan ½ tablet tiap 8 jam selama melakukan perjalanan bila diperlukan.


Efek samping

Sama seperti jenis obat - obatan lainnya, obat cinnarizine juga bisa menimbulkan efek samping jika digunakan. Tetapi, tidak semua orang dapat mengalami dan merasakan efek samping akibat penggunaan obat cinnarizine. Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan cinnarizine, yaitu :
  • Merasa mengantuk
  • Sakit perut
  • Sakit kepala
  • Mulut kering
  • Berkeringat lebih dari biasanya




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:

Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search