Tuesday, February 4, 2020

Ketahui Jenis Rempah Pengganti Gula Yang Baik Untuk Kesehatan

Ketahui Jenis Rempah Pengganti Gula Yang Baik Untuk Kesehatan


Gula merupakan bahan alami yang sering digunakan untuk memberikan rasa manis baik pada makanan maupun pada minuman. Jika dikonsumsi dalam jumlah secukupnya, gula sebenarnya tidak berbahaya bagi kesehatan. Tetapi, jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan, gula dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan, salah satunya adalah dapat menyebabkan penyakit diabetes. Penyakit diabetes sendiri merupakan penyakit autoimun kronis yang disebabkan oleh gangguan pengaturan gula darah. Penyakit diabetes juga sering disebut sebagai penyakit gula atau penyakit kencing manis. Penyakit diabetes juga menjadi salah satu penyakit yang belum diketahui obatnya. Pengobatan yang selama ini dilakukan hanya bertujuan untuk mengendalikan kadar gula darah supaya tidak bertambah parah.

Karena penyakit diabetes belum ditemukan obatnya, maka pencegahan adalah hal mutlak yang harus dilakukan. Sebagai upaya dalam melakukan pencegahan penyakit diabetes, anda bisa mengganti menu makanan anda dengan menu makanan rendah gula, minuman rendah gula, maupun mengganti gula anda dengan bahan lain yang lebih rendah kandungan kalorinya. Salah satu bahan makanan yang bisa anda gunakan sebagai pengganti gula adalah rempah - rempah. Rempah - rempah merupakan bumbu masakan yang hampir selalu tersedia di dapur anda. 


Ada beberapa jenis rempah - rempah yang bisa anda jadikan sebagai pemanis pengganti gula, yaitu :

1. Vanili

Vanili merupakan tanaman yang memiliki nama ilmiah vanilla planifolia. Tanaman ini merupakan tanaman sejenis kacang polong yang memiliki bentuk panjang dan tipis, berwarna cokelat gelap, serta mengeluarkan aroma dan rasa yang manis. Tanaman ini dapat diolah menjadi ekstrak vanili atau serbuk vanili yang banyak digunakan sebagai bumbu masakan pengganti gula. Vanili juga termasuk golongan tanaman polifenol yang memiliki kandungan antioksidan yang kuat. Oleh karena itu, tambahan vanili pada masakan dapat membantu anda untuk mencegah kerusakan sel - sel tubuh dan jaringan serta dapat menangkal berbagai efek radikal bebas pada tubuh. Selain itu, bagi anda yang mengalami masalah kolesterol tinggi, anda bisa menambahkan vanili kedalam menu masakan anda. Dengan cara ini, anda bisa menurunkan kadar kolesterol yang ada didalam tubuh anda.

2. Kayu manis

Kayu manis merupakan tanaman yang memiliki rasa manis alami yang dapat digunakan baik dalam bentuk bubuk maupun dalam bentuk kayu kering. Kayu manis umumnya digunakan sebagai pengganti gula untuk memberikan rasa manis pada makanan atau minuman. Kayu manis diketahui memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan, diantaranya dapat menghambat pelepasan gula kedalam darah sehingga mampu mencegah timbulnya keinginan untuk mengkonsumsi makanan atau minuman yang manis. Hal ini tentunya berdampak pada kesehatan anda, yaitu gula darah dan berat badan anda menjadi lebih sehat dan lebih terkendali.

3. Kapulaga


Salah satu rempah - rempah yang bisa anda gunakan sebagai pengganti gula adalah kapulaga. Tanaman kapulaga dapat digunakan sebagai pengganti gula karena memiliki rasa yang cukup manis. Selain itu, kapulaga juga dipercaya memiliki kandungan antioksidan yang mampu mencegah penyakit jantung dan kanker. Selain itu, kandungan antioksidan yang terkandung dalam tanaman kapulaga juga dapat membantu memperkuat sel - sel tubuh dalam melawan efek radikal bebas yang dapat memicu timbulnya berbagai penyakit.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:

Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search