Friday, February 7, 2020

Tips Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Agar Terhindar Dari Demam Berdarah

Tips Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Agar Terhindar Dari Demam Berdarah


Memasuki musim penghujan, ada banyak sekali penyakit yang mengintai salah satunya adalah penyakit demam berdarah. Penyakit demam berdarah sangat mudah menyebar di musim penghujan karena banyak terbentuk genangan air baik di jalanan, di talang, dan di berbagai tempat lain yang menjadi tempat favorit perkembang biakan nyamuk. Secara medis, demam berdarah merupakan infeksi yang disebabkan oleh virus dengue. Virus dengue sendiri merupakan virus yang menyebar dan hidup di mulut nyamuk aedes aegypti. Kemudian, nyamuk yang telah terinfeksi virus tersebut menyebarkannya ke manusia melalui gigitan. Penyakit ini juga disebut sebagai breakbone fever atau demam sendi karena dapat menyebabkan penderitanya mengalami nyeri hebat pada bagian sendi.

Ketika seseorang terinfeksi demam berdarah, maka akan timbul beberapa gejala diantaranya sakit kepala, kulit kemerahan, serta nyeri otot dan persendian. Bahkan, pada sebagian orang, penyakit demam berdarah dapat berevolusi menjadi bentuk lain yang dapat mengancam jiwa. Untuk mengatasinya, anda harus menjalani serangkaian perawatan di rumah sakit hingga kondisi anda membaik. Tetapi, menjalani perawatan di rumah sakit bukanlah hal yang mengenakkan. Kita akan mendapatkan perawatan dengan jarum infus yang tentunya dapat membatasi gerak kita dalam melakukan aktivitas. Belum lagi, rasa tidak nyaman dan rindu rumah ketika sedang menjalani perawatan dirumah sakit tentu akan terus menghantui kita. Oleh karena itu, mencegah supaya tidak terjangkit virus DBD lebih baik daripada mengobatinya.

Salah satu hal yang menyebabkan seseorang dapat dengan mudah tertular virus DBD adalah karena memiliki daya tahan tubuh yang rendah. Kondisi ini dapat diatasi dengan mengkonsumsi berbagai jenis makanan sehat dan tentunya dengan rutin berolahraga.


Berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa anda gunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh anda supaya terhindar dari penyakit demam berdarah, yaitu :

1. Mengkonsumsi makanan sehat

Salah satu upaya yang bisa anda lakukan untuk mencegah diri anda terjangkit penyakit demam berdarah adalah dengan membiasakan pola hidup sehat. Langkah utama dalam menerapkan pola hidup sehat adalah dengan rutin mengkonsumsi berbagai jenis makanan sehat seperti sayur - sayuran, buah - buahan, dan makanan yang mengandung protein baik protein nabati maupun protein hewani seperti daging, telur, ikan, susu, tempe, dan tahu. Tidak ada petunjuk khusus dalam mengolah makanan tersebut, sehingga anda bisa memilih cara mengolah yang paling sehat  yaitu dengan cara direbus atau di kukus. Selain itu, jika anda tidak bisa mendapatkan buah segar dipasaran, anda juga bisa mengkonsumsinya dalam bentuk jus yang banyak dijual di kedai atau cafe.

2. Rutin berolahraga

Olahraga merupakan salah satu kegiatan atau aktivitas yang selain menyenangkan juga menyehatkan. Dengan berolahraga, tubuh anda menjadi lebih banyak gerak dan tentunya menghasilkan lebih banyak keringat. Keringat yang dihasilkan dari berolahraga merupakan zat sisa metabolisme yang mengandung garam, racun, dan berbagai zat yang tidak berguna lainnya. Oleh karena itu, dengan banyaknya keringat yang anda keluarkan, maka berbagai racun dan virus yang ada didalam tubuh pun juga ikut keluar bersama keringat.

3. Menghindari stress

Salah satu hal yang dapat menyebabkan turunnya daya tahan tubuh seseorang adalah kondisi stress. Stress yang berlebihan, dapat membuat fingsi pertahanan tubuh seseorang menjadi menurun. Oleh karena itu, belajarlah untuk mengelola stress anda, dengan cara :
  • Melakukan meditasi
  • Lebih banyak bersosialisasi
  • Istirahat yang cukup
  • Melakukan konseling ke psikolog atau psikiater jika dibutuhkan




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search