Monday, March 16, 2020

Hindari Kesalahan Yang Dapat Memperburuk Wabah Virus Corona

Hindari Kesalahan Yang Dapat Memperburuk Wabah Virus Corona


Penyebaran virus corona atau yang dikenal dengan covid-19 di Indonesia kini tidak bisa lagi dianggap sepele. Hal ini karena virus corona sudah tersebar ke beberapa kota dan telah menyebabkan ratusan orang terjangkit virus ini. Hal ini juga yang memicu pemerintah memberlakukan lockdown pada beberapa kota dan meliburkan semua aktivitas pendidikan dan melakukan pembatasan terhadap beberapa layanan publik. Tidak hanya Negara Indonesia saja yang sedang mengalami masalah virus corona ini, bahkan hampir seluruh Negara di dunia juga mengalami masalah yang sama dengan Indonesia, bahkan lebih parah. Beberapa Negara juga sedang berupaya untuk menemukan obat atau vaksin untuk mengehentikan penyebaran penyakit covid-19 yang kini telah ditetapkan sebagai pandemi global.

Tetapi, meskipun dunia kini tengah mengalami kepanikan karena penyebaran virus corona yang begitu cepat, kita tidak boleh gegabah dalam melakukan berbagai hal. Hal ini dikarenakan wabah virus corona sudah tidak bisa dianggap enteng lagi. Jika anda salah dalam bertindak, wabah virus corona justru bisa bertambah buruk. Covid-19 merupakan jenis penyakit baru yang belum ditemukan vaksin dan obatnya. Virus penyebabnya pun merupakan jenis virus corona baru yang belum pernah terjadi sebelumnya. Karena kurangnya informasi mengenai virus corona jenis baru ini, maka tidak heran jika banyak berita hoax maupun informasi palsu yang bertebaran baik di dunia nyata maupun dunia maya.

Untuk mencegah supaya wabah virus corona atau covid-19 tidak semakin memburuk, anda harus menghindari beberapa KESALAHAN berikut ini, yaitu :

1. Tidak mengkarantina diri ketika sakit

Beberapa waktu lalu kita dihebohkan dengan berita seorang pengidap covid-19 yang kabur saat menajalani karantina di sebuah rumah sakit milik pemerintah. Orang tersebut diduga tidak tahan dan tidak betah saat menjalani karantina sehingga memutuskan untuk kabur dan melakukan aktivitasnya seperti biasa. Padahal, hal tersebut justru dapat membuat orang lain menjadi tertular virus tersebut sehingga wabah virus corona bisa semakin memburuk. Hal terbaik yang bisa anda lakukan jika mengalami gejala covid - 19 adalah mengkarantina diri anda dirumah dan segera memeriksakan diri ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

2. Tidak menjalani pola hidup sehat

Salah satu hal yang bisa memperburuk kondisi penyebaran virus covid-19 adalah dengan menyepelekan keberadaan virus tersebut. Padahal, virus corona merupakan jenis virus yang penyeberannya bisa dikatakan sangat cepat, baik melalui udara maupun dari tangan ke tangan. Padahal, salah satu sara yang bisa mencegah penyebaran covid-19 adalah dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat seperti selalu mengenakan masker ketika bepergian ke luar rumah, selalu mencuci tangan menggunakan sabun baik sebelum maupun sesudah makan, selalu menggunakan hand sanitizer setelah menyentuh fasilitas umum, dan berbagai hal lainnya.

3. Melakukan penimbunan masker


Meskipun tidak semua orang melakukannya, tetapi ada saja orang yang tidak punya hati yang melakukan penimbunan masker demi keuntungan pribadi. Mereka umumnya melakukan pembelian masker secara besar - besaran ketika harga masker masih normal dan menjualnya 10 kali lipat dari harga normal. Hal ini merupakan perbuatan yang sangat tidak manusiawi dan mencerminkan perilaku yang tidak terpuji serta tidak memiliki empati. Kemudian, ada pula orang yang melakukan penimbunan masker untuk penggunaan pribadi meskipun dirinya termasuk orang yang sehat. Padahal, masker ini harus disalurkan kepada orang yang benar - benar membutuhkan seperti orang yang sakit, para tenaga medis, dan orang yang berisiko terpapar corona.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search