Monday, March 16, 2020

Mengenal Artichoke Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Mengenal Artichoke Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan


Anda mungkin masih sangat asing atau bahkan belum mengetahui tentang tanaman artichoke. Tetapi, perlu anda ketahui bahawa tanaman artichoke sering digunakan atau diolah menjadi makanan pendamping seperti topping pizza, pasta, serta berbagai hidangan dari Negara eropa dan sekitar mediterania. Artichoke sendiri merupakan tanaman yang berasal dari daratan mediterania. Tanaman ini sering dianggap sebagai sayuran, padahal artichoke termasuk ke dalam jenis thistle. Thistle sendiri merupakan sekelompok tanaman berbunga yang dimanfaatkan sebagai bahan dasar dari berbagai obat herbal. Artichoke memiliki nama ilmiah cynara cardunculus var yang sudah lama digunakan oleh masyarakat mesir kuno sebagai obat herbal untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti masalah pencernaan, penyakit kuning, refluks asam lambung, dan berbagai penyakit lainnya.

Tanaman artichoke diketahui memiliki berbagai jenis kandungan zat gizi yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Bahkan, dalam 128 gram artichoke mentah diketahui mengandung berbagai zat gizi seperti karbohidrat, serat, protein, lemak, Vitamin C, K, B, asam folat, magnesium, zat besi, fosfor, kalium, kalsium dan zinc. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa ekstrak dari tanaman artichoke mengandung zat cynarin yang dapat merangsang kerja hati supaya menjadi lebih efektif. Selain itu, zat ini juga dapat mempengaruhi proses pencernaan didalam tubuh, sehingga kadar kolesterol yang ada didalam tubuh menjadi lebih terkendali. Tanaman ini juga memiliki kandungan serat yang cukup banyak yang berfungsi untuk melancarkan pencernaan dan membuat saluran cerna dapat bekerja lebih optimal.

Tanaman artichoke dapat diolah dengan cara dikukus, direbus, dipanggang, atau ditumis. Anda juga bisa mengolah tanaman ini menjadi makanan pendamping pada hidangan pizza, pasta, salad, sup, dan roti panggang. Selain dikonsumsi dalam bentuk olahan makanan, tanaman artichoke juga dapat dikemas menjadi suplemen herbal. Suplemen artichoke diketahui mengandung berbagai jenis vitamin, mineral, dan zat gizi lainnya. Tetapi, belum ada penelitian lebih lanjut mengenai cara kerja dari suplemen artichoke. Dosis umum dari suplemen artichoke biasanya berkisar antara 300 - 640 mg yang dikonsumsi sebanyak tiga kali sehari.

Karena mengandung berbagai zat gizi seperti vitamin dan mineral, maka tidak heran jika artichoke memiliki beragam manfaat bagi kesehatan.


Berikut ini merupakan manfaat tanaman artichoke bagi kesehatan, yaitu :

1. Membantu mengendalikan kadar kolesterol

Manfata pertama yang bisa anda peroleh jika rutin mengkonsumsi suplemen ataupun olahan dari tanaman artichoke adalah dapat mengendalikan kadar kolesterol yang ada didalam tubuh. Tanaman ini dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL dan meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL. Selain itu, ekstrak daun artichoke juga mengandung luteolin yang berperan sebagai antioksidan untuk mencegah pembentukan kolesterol jahat serta membantu mencerna kolesterol secara efektif.

2. Membantu menjaga kesehatan hati

Berdasarkan penelitian yang hingga kini masih dilakukan terhadap tanaman artichoke, tanaman ini diketahui mengandung zat antioksidan tertentu yang berfungsi untuk menjaga fungsi hati dari kerusakan serta membantu meredakan gejala penyakit hati.

3. Membantu mengatasi masalah pencernaan


Seperti yang sudah kita bahas diatas bahwa tanaman artichoke memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Tanaman ini diketahui kaya akan serat yang berperan sebagai probiotik yang berfungsi untuk mempercepat gerakan usus, meningkatkan pencernaan lemak tertentu, serta mengatasi berbagai masalah pencernaan.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search