Monday, April 13, 2020

Keberadaan Masker Kain Dalam Wabah Covid-19

Keberadaan Masker Kain Dalam Wabah Covid-19


Pandemi virus corona atau covid-19 di indonesia kini telah memasuki babak baru. Setelah kasus pertama ditemukan pada awal maret, kini masa inkubasi virus corona di indonesia sudah habis, dan sebagian besar orang dalam pemantauan mulai menunjukkan berbagai gejala seperti batu – batuk, sesak napas, dan tenggorokan kering. Pemerintah indonesia kemudian mewajibkan seluruh masyarakat yang keluar rumah untuk mengenakan masker kain, karena masker bedah kini menjadi prioritas bagi pekerja medis saja. Lalu, efektifkah masker kain dalam menangkal paparan virus corona ? Berikut ini merupakan pembahasan mengenai keberadaan masker kain dalam wabah covid-19.

Anjuran penggunaan masker kain untuk menangkal wabah covid-19 sebenarnya berhubungan dengan kelangkaan masker yang sedang terjadi di indonesia. Banyak sekali orang yang memborong masker bedah untuk keperluan pribadinya hingga menimbulkan kelangkaan dan melonjaknya harga masker bedah. Oleh karena itu, pemerintah kemudian menganjurkan kepada masyarakat untuk menggunakan masker kain sebagai ganti dari masker bedah, karena masker kain dapat digunakan berkali – kali, sedangkan masker bedah hanya bisa digunakan sekali saja. Penggunaan masker bedah kini hanya diperuntukkan atau diprioritaskan bagi pekerja medis saja yang sedang berjuang digaris depan melawan wabah covid-19.

Masker kain sendiri merupakan masker yang terbuat dari bahan dasar kain yang bisa dibuat oleh perorangan maupun home industri. Masker ini dibuat dengan tujuan untuk menghalangi kuman yang masuk dari batuk atau bersinnya orang yang terinfeksi. Meskipun tidak seefektif masker bedah, masker kain dinilai cukup efektif untuk menangkal virus corona, asalkan tetap menjaga jarak aman dan selalu cuci tangan dengan sabun setelah memegang benda apapun. Masker kain yang banyak diproduksi oleh home industri umumnya dibuat menggunakan tiga lapis kain yang berguna untuk menyaring udara kotor yang mungkin masuk kedalam hidung. Meskipun kemampuan penyaringan partikel bisa dibilang cukup rendah, tetapi masker kain aman digunakan dalam aktivitas sehari – hari.

Sejalan dengan himbauan pemerintah tentang penggunaan masker kain, kini banyak masyarakat dan home industri yang berlomba – lomba memproduksi masker kain, baik untuk digunakan sendiri maupun untuk dijual. Selain harganya yang cukup murah, masker kain bisa digunakan berkali – kali sehingga anda tidak perlu membelinya lagi selama masker tersebut belum rusak. Selain untuk mencegah virus corona, keberadaan masker kain diharapkan dapat menjadi alternatif masyarakat alih – alih menggunakan masker medis yang harganya selangit. Masker kain terbaik menggunakan bahan yang terbuat dari 3 lapis kain katun quilting.


Penggunaan masker kain berbahan dasar kain katun quilting ini diketahui memiliki kemampuan penyaringan yang cukup baik dan tingkat penyaringannya diketahui dapat mencapai 70 – 79 %. Masker kain sebenarnya dapat dibuat dengan bahan kain jenis apapun. Tetapi, perlu diketahui bahwa kita harus pahami bahwa prinsip dari penggunaan masker adalah untuk mencegah menularkan virus ke orang lain. Dengan lapisan hidrofobik diluar dan hidrofibik didalam, masker bedah sebenarnya merupakan jenis masker ideal untuk menangkal virus. Tetapi, masker yang terbuat dari 3 lapis kain katun juga dinilai efektif dalam menangkal paparan virus.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search