Monday, April 13, 2020

Mengenal Mineral Boron Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Mengenal Mineral Boron Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan


Apakah anda mengenal mineral yang bernama boron? Anda mungkin sudah familiar dengan berbagai jenis mineral seperti natrium, kalsium, magnesium, dan sebagainya. Tetapi, anda mungkin masih sangat asing dan baru pertama kali mengetahui bahwa ada suatu mineral yang bernama boron. Pada kamus kimia, boron merupakan sebuah elemen kimia yang disimbolkan dengan huruf B dengan nomor atom 5. Unsur ini merupakan elemen dengan kelipatan terendah di tata surya dan kerak bumi. Boron ditambang secara industri sebagai evaporit seperti boraks dan kernit. Deposit boron terbesar yang telah diketahui berada di negara turki yang merupakan produsen mineral boron terbesar di dunia.

Dalam bidang industri, boron sering digunakan sebagai bahan tambahan dalam pembuatan fiberglass yang berfungsi sebagai bahan isolasi dan struktural. Boron juga sering digunakan dalam industri keramik dan polimer. Dalam bidang pertanian, unsur hara mikro boron diketahui berperan penting untuk mempertahankan integritas struktural membran tanaman. Jika suatu tanaman mengalami kekurangan atau defisiensi boron, maka tanaman tersebut akan mati. Oleh karena itu, mineral boron juga sering diolah menjadi pupuk untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman akan zat boron. Tidak hanya dalam bidang industri dan bidang pertanian, mineral boron juga memiliki manfaat di bidang kesehatan.

Boron dapat diolah sebagai obat dan suplemen untuk mengatasi gejala osteoporosis. Mineral ini juga bisa digunakan secara topikal pada kulit untuk mencegah infeksi dan juga dapat digunakan sebagai obat pencuci mata. Boron bekerja dengan cara mempengaruhi tubuh dalam menyerap mineral seperti magnesium dan phosphor. Selain itu, mineral boron diketahui dapat mempengaruhi produksi hormon estrogen dan testosteron. Dimana, hormon estrogen dikenal sebagai pengontrol kualitas tulang dan fungsi mental. Penggunaan suplemen boron pada lansia diketahui dapat membantu mereka yang sudah memasuki fase menopause dalam mencukupi kebutuhan hormon estrogennya.


Mineral boron juga sering digunakan untuk mengatasi suatu kondisi kesehatan tertentu, seperti :
  • Mencukupi defisiensi boron.
  • Meningkatkan kemampuan atletik seperti massa tubuh, massa otot, dan level testosteron pada pria.
  • Dalam bentuk asam borat, mineral ini dapat digunakan untuk mengatasi infeksi vagina yang disebabkan oleh jamur candida.
  • Meningkatkan kepadatan tulang.
  • Meningkatkan kemampuan berpikir dan koordinasi otot.
  • Meringankan gejala haid.
  • Meringankan gejala osteoarthritis.

Meskipun memiliki manfaat bagi kesehatan, mineral boron juga memiliki efek samping bagi kesehatan jika digunakan secara berlebihan. Terlebih lagi jika mineral boron telah diubah menjadi asam borat, maka jangan sekali – kali anda mengkonsumsinya secara oral karena dapat membahayakan kesehatan. 


Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan suplemen boron, yaitu :
  • Mual dan muntah
  • Anoreksia
  • Gangguan pencernaan
  • Alopecia
  • Dermatitis
  • Keracunan akut seperti tremor, kejang, iritabilitas, kelemanahan, lesu, sakit kepala, dan depresi.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search