Monday, April 13, 2020

Mengenal Bunga Betony Beserta Manfaatnya Bagi Kesehatan

Mengenal Bunga Betony Beserta Manfaatnya Bagi Kesehatan


Anda pasti masih sangat asing dengan nama betony. Betony merupakan nama salah satu jenis bunga yang banyak tumbuh di benua eropa. Tanaman yang memiliki nama ilmiah betonica officinalis merupakan tanaman padang rumput yang juga dikenal sebagai bunga abadi padang rumput yang banyak ditemui di benua eropa, asia barat, dan afrika utara. Bunga betony merupakan jenis tumbuhan perdu yang dapat tumbuh setinggi 30 cm – 60 cm. Pada abad pertengahan di benua eropa, tanaman ini dipercaya mampu menangkal sihir dan dapat mengobati penyakit yang disebabkan oleh sihir. Tetapi, pada masa modern seperti sekarang ini, bunga betony sering diolah menjadi berbagai jenis obat herbal, baik dalam bentuk kapsul, teh, dan bentuk lainnya.

Bunga betony umumnya ditanam sebagai apotek hidup dan digunakan dalam pengobatan tradisional orang – orang eropa. Tanaman ini juga dikenal sebagai bubuk pistoja yang sering digunakan untuk mengobati penyakit asam urat dan radang sendi. Bunga betony juga diketahui dapat mengobati gigitan ular dan gigitan anjing, serta dikenal juga sebagai obat anti mabuk. Para ahli pengobatan eropa kuno menyatakan bahwa bunga betony merupakan jenis tanaman ajaib yang dapat melindungi hati manusia dari berbagai bahaya penyakit epidemi dan sihir. Dalam pengobatan modern, tanaman ini sering digunakan untuk mengobati gangguan kecemasan, batu empedu, mulas, tekanan darah tinggi, migrain, dan neuralgia.

Betony termasuk kedalam jenis tanaman dari keluarga mint yang biasa dikeringkan dan diolah menjadi obat kumur maupun teh herbal. Tanaman ini juga sering digunakan sebagai larutan astringent dan bahan rokok. 


Selain itu, bunga betony juga sering digunakan untuk mengobati berbagai masalah kesehatan berikut ini, yaitu :
  • Gangguan pencernaan seperti mulas, perut kembung, dan diare.
  • Masalah pernapasan seperti penyakit bornkitis dan asma.
  • Asam urat, sakit kepala, dan nyeri pada wajah.
  • Infeksi kandung kemih, radang kandung kemih, dan batu ginjal.
  • Stress dan tegang, gelisah, epilepsi, gangguan kecemasan.


Beberapa penelitian menunjukkan bahwa tanaman betony memiliki kandungan zat tannin yang diketahui berguna untuk mengobati iritasi mulut dan tenggorokan, serta dikenal juga sebagai anti diare. Selain itu, tanaman ini diketahui juga memiliki sifat penenang, menghilangkan stress, gugup, dan ketegangan. Jika dikombinasikan dengan herbal lain seperti camfrey atau limau, betony efektif digunakan untuk sakit kepala akibat sinus dan hidung mampet. Suplemen herbal dari tanaman betony tersedia dalam beberapa bentuk seperti kapsul, teh, dan larutan. Tanaman ini diketahui dapat menimbulkan beberapa efek samping jika dikonsumsi secara berlebihan seperti terjadinya iritasi pada pencernaan, anoreksia, dan mual.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search