Monday, April 13, 2020

Bahaya Mudik Saat Pandemi

Bahaya Mudik Saat Pandemi


Mudik merupakan sebutan dari kebiasaan orang indonesia ketika pergi atau kembali ke kampung halamannya. Aktifitas mudik ini biasanya paling banyak terjadi ketika masa – masa liburan panjang dan ketika hari raya idul fitri. Pada momen mudik tersebut, masyarakat indoneisa biasanya memanfaatkan waktu untuk bersilaturahmi dengan keluarga dikampung halaman, setelah setahun penuh berada di perantauan. Tetapi, pemerintah indonesia telah memberikan himbauan bahwa pada hari raya idul fitri tahun 2020 ini, masyarakat indonesia dihimbau untuk tidak melakukan mudik, karena indonesia sedang menghadapi masalah besar, yaitu wabah virus corona atau yang juga dikenal sebagai pandemi covid-19.
                       
Virus corona sendiri merupakan sebuah virus yang berasal dari kota wuhan, tiongkok yang menyebar pada akhir 2019. Virus tersebut kini sudah ditetapkan sebagai pandemi global dn dikenal sebagai covid-19 yang merupakan singkatan dari corona virus disease 2019. Virus corona dapat menyebar dengan mudah dari manusia ke manusia melalui doplet atau cairan tubuh seperti air liur dan masuk serta menginfeksi saluran pernapasan. Virus ini juga memiliki kemampuan bertahan hidup yang cukup tinggi di benda mati, yaitu sekitar 3 jam apabila menempel di kertas dan 3 hari apabila menempel pada stainless maupun plastik. Karena daya hidup serta penyebarannya yang cukup cepat, maka tidak heran jika wabah virus corona bisa menyebar ke seluruh penjuru dunia hanya dalam waktu beberapa bulan saja.

Oleh karena itu, demi memutus mata rantai penyebaran covid-19, sejumlah negara telah menetapkan kebijakan untuk tidak bepergian dengan jarak yang jauh. Pemerintah indoneisa juga telah memberikan himbauan tentang larangan mudik atau pulang kekampung halaman hingga pandemi covid-19 berakhir. Lalu, apa yang dimaksud dengan pandemi ? Pandemi merupakan wabah yang berjangkit serempak dan meliputi wilayah geografi yang luas. Organisasi kesehatan dunia atau WHO mendefinisikan pandemi sebagai situasi ketika populasi seluruh dunia ada ada kemungkinan akan terkena infeksi ini dan berpotensi menyebabkan penyakit pada seluruh orang di dunia.

Dengan ditetapkannya covid-19 sebagai pandemi global, maka diharapkan seluruh negara didunia bahu membahu dalam memerangi serta menanggulangi wabah virus corona ini. Pemerintah indoneisa juga telah memberikan himbauan untuk tidak melakukan ativitas mudik pada momen hari raya tahun ini, dan diharapkan semua masyarakat indonesia dapat mematuhinya demi kebaikan bersama. Lalu, apa yang akan terjadi jika masyarakat tetap bandel dan memaksa untuk mudik?


Berikut ini merupakan ulasannya :

Data terbaru yang dipubliasikan oleh kementerian kesehatan republik indonesia menyebutkan bahwa sebanyak 2.273 masyarakat indonesia divonis positif mengidap covid-19, 164 orang diantaranya dinyatakan telah sembuh dan sebanyak 198 orang lainnya dinyatakan meninggal dunia. Dari data tersebut diketahui bahwa virus corona merupakan jenis virus yang cukup berbahaya dan memiliki tingkat kematian yang cukup tinggi serta tingkat kesembuhan yang rendah. Orang yang divonis positif mengidap covid-19 biasanya memiliki berbagai gejala gangguan kesehatan seperti batuk kering, sakit tenggorokan dan sesak napas. Tetapi, ada banyak kasus positif corona yang tidak menampakkan gejala sama sekali, terutama jika pasien positif tersebut merupakan orang sehat dan berusia muda. Meskipun tidak memiliki gejala, orang tersebut tetap berpotensi menularkan virus ke orang lain dan bisa menyebabkan kematian pada orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah seperti pada lansia dan orang yang memiliki riwayat penyakit kronis.


Jadi, ketika anda tetap memaksa untuk mudik, maka anda berpotensi dapat menularkan virus yang mungkin ada pada tubuh anda kepada sanak saudara anda yang belum terinfeksi virus di kampung halaman. Selain itu, anda juga bisa membuat wilayah kampung halaman anda yang tadinya zona hijau atau bebas corona menjadi zona merah yang merupakan daerah berbahaya. Oleh karena itu, pikirkan baik – baik risiko yang bisa anda sebabkan jika anda tetap memaksa mudik ke kampung halaman. Jangan bersikap egois karena yang punya keluarga bukan hanya anda. Utamakan kepentingan bersama dibandingkan kepentingan pribadi demi menyelamatkan banyak orang.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search