Monday, April 13, 2020

Chlorzoxazone : Obat Untuk Mengatasi Nyeri Otot Dan Nyeri Tulang

Chlorzoxazone : Obat Untuk Mengatasi Nyeri Otot Dan Nyeri Tulang


Tubuh manusia tersusun atas tulang atau rangka yang kemudian dilapisi oleh daging dan jaringan otot. Berdasarkan sudut pandang imiah, otot merupakan sebuah jaringan yang ada dalam tubuh manusia maupun hewan yang berfungsi sebagai alat gerak aktif yang menggerakkan tulang. Dalam tubuh manusia, diketahui ada lebih dari 600 jenis otot yang memiliki peranan dan fungsinya masing – masing. Secara garis besar, otot tubuh manusia terbagi menjadi 3 jenis, yaitu otot lurik, otot polos dan otot jantung.

Berikut ini merupakan penjelasan dari ketiga jenis otot tersebut, yaitu :

1. Otot lurik

Otot lurik sendiri merupakan jenis otot yang membutuhkan tenaga besar untuk menggerakkannya. Otot ini juga sangat mudah lelah karena adanya penumpukkan asam laktat pada setiap sel – selnya. Otot lurik terdapat hampir pada seluruh bagian tubuh seperti tangan, kaki, bahu, dan punggung.

2. Otot polos

Otot polos merupakan jenis jaringan otot yang banyak ditemukan pada pembuluh darah dan organ pencernaan. Otot ini bekerja dengan pengaturan dari sistem saraf tak sadar atau saraf otonom.

3. Otot jantung

Sama seperti namanya, otot jantung merupakan jenis jaringan otot yang terdapat pada organ jantung. Otot ini berfungsi untuk memompa darah secara terus menerus pada organ jantung dan sanggup bekerja terus menerus tanpa henti.


Otot mansia juga dapat mengalami gangguan. Gangguan pada otot umumnya terjadi pada jenis otot lurik. Hal ini karena otot lurik merupakan jenis otot yang mudah lelah dan rentan sekali mengalami cedera. Ketika terjadi penumpukkan asam laktat yang cukup tinggi pada otot lurik, maka otot anda dapat mengalami kelelahan bahkan kram yang terasa sangat menyakitkan akibat dari mengencangnya otot tersebut. Untuk mengendurkan otot lurik yang kencang atau kaku tersebut, anda bisa menggunakan obat chlorzoxazone. Chlorzoxazone merupakan obat yang sering digunakan untuk mengatasi kondisi nyeri otot dan nyeri tulang. Obat ini bekerja pada sistem saraf pusat dengan cara mengendurkan otot yang kaku. Penggunaan obat ini harus dibarengi dengan istirahat, terapi fisik dan pengobatan lainnya.

Chlorzoxazone merupakan jenis obat yang dapat dikonsumsi baik dengan makanan maupun tanpa makanan. Obat ini biasanya dikonsumsi sebanyak 3 – 4 kali sehari. Dosis obat diberikan berdasarkan kondisi medis anda dan respon anda terhadap pengobatan yang sedang dilakukan. Jangan coba – coba untuk menaikkan ataupun menurunkan dosis obat tanpa sepengetahuan dokter. Jika kondisi anda tidak kunjung membaik dan berpotensi meningkat risiko efek samping obat, segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Chlorzoxazone merupakan salah satu jenis obat yang paling baik jika disimpan dalam suhu ruangan. Jauhkan obat ini dari paparan sinar matahari langsung dan jangan menyimpannya pada tempat yang lembab.


Dosis chlorzoxazone untuk orang dewasa
  • 250 – 750 mg yang diminum sebanyak 3 – 4 kali sehari.


Dosis chlorzoxazone untuk anak – anak
  • 125 – 500 mg yang diminum sebanyak 3 – 4 kali sehari.


Efek samping

Sama seperti jenis obat – obatan lainnya, obat chlorzoxazone juga dapat menimbulkan efek samping jika digunakan. Tetapi, tidak semua orang dapat mengalami dan merasakan efek samping tersebut. Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan obat chlorzoxazone, yaitu :
  • Sakit kepala
  • Pusing
  • Mengantuk
  • Lelah
  • Gelisah



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search