Monday, April 13, 2020

Mengenal Bilik Disinfektan Beserta Manfaat Dan Bahayanya Bagi Tubuh Manusia

Mengenal Bilik Disinfektan Beserta Manfaat Dan Bahayanya Bagi Tubuh Manusia


Berbagai negara yang ada diseluruh penjuru dunia kini tengah disibukkan oleh pandemi global yang bernama covid-19. Wabah covid-19 telah menguras banyak sekali energi dan pikiran dari berbagai tim medis maupun masyarakat dunia. Pemerintah masing – masing negara pun tengah berjuang untuk mengehentikan penyebaran wabah tersebut di negaranya masing – masing, tidak terkecuali dengan pemerintah negara kita. Pemerintah Republik indonesia juga tengah berupaya untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19 dengan menerapkan berbagai kebijakan seperti social distancing, rapid test, work from home, hingga pembuatan bilik disinfektan. Lalu, apa yang dimaksud dengan bilik disinfektan ?

Bilik disinfektan merupakan sebuah ruangan atau bilik khusus yang digunakan untuk menyemprotkan cairan desinfektan ke tubuh manusia secara langsung. Penggunaan bilik disinfektan sudah digunakan oleh beberapa negara sebagai upaya dalam menanggulangi wabah covid-19, diantaranya adalah negara vietnam dan indonesia. Bilik disinfektan buatan vietnam memiliki sistem dalam ruang sterilisasi yang terbagi menjadi 2 bagian, yaitu satu ruangan yang digunakan untuk menyemprotkan air elektrolis ke tubuh seseorang, dan bagian lainnya bertugas untuk mengarahkan panas dan ozon ke tubuh orang tersebut. Sistem ini dirancang berdasarkan prinsip penggunaan larutan garam terionisasi dalam bentuk kabut yang menyemprot seluruh tubuh dan diharapkan mampu dengan cepat mendisinfektasi seluruh tubuh.

Sedangkan bilik disinfektan buatan indonesia hanya terdiri dari satu ruangan, yaitu ruangan penyemprotan saja. Sedangkan cairan yang digunakan untuk menyemprot adalah cairan disinfektan murni yang terbuat dari karbol atau pembersih lantai yang telah diencerkan dengan air. Penggunaan bilik disinfektan ini dinilai efektif oleh sebagian pihak jika dibandingkan hanya dengan mencuci tangan menggunakan sabun. Jika hanya mencuci tangan menggunakan sabun, maka kuman atau virus yang mati hanya yang ada atau menempel pada tangan. Tetapi, jika menggunakan bilik disinfektan, maka seluruh virus atau kuman yang menempel ditubuh akan mati. Tetapi, bagaimana pendapat organisasi kesehatan dunia atau WHO mengenai penggunaan bilik disinfektan ini ?

WHO sendiri melalui akun twitternya melarang semua orang menyemprotkan cairan disinfektan langsung keseluruh tubuh karena dapat menimbulkan efek yang berbahaya. Menyemprotkan cairan disinfektan kepermukaan tubuh tidak dapat membunuh virus yang sudah masuk kedalam tubuh. Tetapi, cairan tersebut justru dapat berbahaya bagi kesehatan serta bisa menimbulkan iritasi pada mata, kulit, dan saluran pernapasan. Oleh karena itu, WHO menganjurkan supaya cairan disinfektan hanya digunakan untuk menyemprot permukaan benda mati saja, bukan disemprotkan ke tubuh manusia secara langsung, untuk menghindari dampak buruk dari cairan disinfektan tersbut.

Berikut ini merupakan tips yang bia anda terapkan untuk menghindari bahaya disinfektan bagi tubuh, diantaranya :

1. Hanya melakukan disinfeksi jika benar – benar diperlukan

Penyemprotan menggunaan cairan disinfektan memang penting dilakukan di lingkungan berisiko tinggi seperti di rumah sakit. Hal ini berguna untuk memutus penyebaran virus di area tersebut. Untuk skala rumah tangga, anda tidak perlu menyemprotkan cairan disinfektan. Anda hanya cukup rajin mengepel lantai supaya kuman dan virus tidak menempel pada lantai.


2. Jauhkan disinfektan dari anak – anak


Anak – anak merupakan kelompok yang paling berisiko mengalami gangguan pernapasan dan iritasi kulit akibat penyemprotan disinfektan. Oleh karena itu, pastikan anda menjauhkan produk ini dari jangkauan anak – anak. Disinfektan memang ampuh untuk membunuh virus penyebab penyakit, tetapi jika tidak digunakan dengan benar, justru dapat menyebabkan penyakit.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search