Monday, April 13, 2020

Ketahui Jenis Vitamin Yang Dapat Mencegah Penularan Covid-19

Ketahui Jenis Vitamin Yang Dapat Mencegah Penularan Covid-19


Hingga saat ini, wabah covid-19 masih menjadi ketakutan utama dunia. Penyakit tersebut menyebar dengan snagat cepat dari manusia ke manusia. Bahkan, hanya dalam waktu beberapa bulan saja, penyakit covid-19 telah menyebar ke seluruh dunia dan telah menginfeksi ratusan ribu orang dan membuat ribuan orang harus kehilangan nyawa. Para dokter dan ilmuwan hingga kini masih terus berusaha untuk menciptakan vaksin covid-19, tetapi hingga kini belum membuahkan hasil. Ketika tingkat infeksi covid-19 di berbagai negara sedang meningkat drastis, lain halnya ditempat asalnya yaitu di kota wuhan, tiongkok. Angka infeksi covid-19 di kota tersebut bahkan sudah menurun secara drastis, serta seluruh tim medis bantuan sudah dipulangkan ke kota asalnya masing - masing.

Kita pasti bertanya – tanya, apa yang membuat kota wuhan bisa menurunkan tingkat infeksi, padahal virus tersebut awalnya berasal dari sana ? Tim medis yang bekerja dikota tersebut mengemukakan bahwa mereka memberikan asupan vitamin C dan vitamin D kepada orang yang belum terpapar virus. Sedangkan bagi yang sudah terpapar virus, mereka mengobatinya menggunakan obat chloroquine. Seperti yang sudah kita ketahui, vitamin merupakan suatu zat senyawa kompleks yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita untuk membantu pengaturan dan proses kegiatan tubuh. Diketahui ada 13 jenis vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu menjaga kinerja tubuh supaya tetap optimal. Ke-13 jenis vitamin tersebut adalah vitamin A, vitamin C, vitamin D, vitamin E, vitamin K, dan vitamin B (thiamin, riboflavin, niasin, asam pantotenat, biotin, asam pantotenat, vitamin B6, vitaminB12, dan folat).

Meskipun ada banyak sekali jenis vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh, tetapi tubuh hanya bisa memprduksi 2 jenis vitamin saja, yaitu vitamin D dan vitamin K, itupun dalam bentuk yang tidak aktif. Oleh karena itu, untuk mencukupi kebutuhan vitamin harian anda, maka anda harus mencukupinya dengan mengkonsumsi beberapa jenis buah – buahan, sayur – sayuran, hingga suplemen multivitamin. Pada kasus pandemi covid-19 yang kini sedang kita hadapi, anda dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi vitamin C dan vitamin D karena diketahui dapat menecegah terjadinya penularan penyakit covid-19. 


Selain dapat digunakan untuk mencegah penularan covid-19, vitamin C dan vitamin D ternyata juga memiliki manfaat lain bagi kesehatan, yaitu :

1. Vitamin C

Vitmin yang memiliki nama lain asam askorbat ini merupakan salah satu jenis vitamin yang banyak memberikan manfaat bagi tubuh kita. Vitamin C juga memiliki peranan penting didalam tubuh yaitu sebagai senyawa pembentuk kolagen yang merupakan protein penting untuk menyusun jaringan kulit, sendi, tulang, serta jaringan penyokong lainnya. Vitamin C juga termasuk salah satu senyawa antioksidan alami yang dapat menangkal paparan radikal bebas. Seperti yang telah kita ketahui, radikal bebas merupakan suatu senyawa yang dapat menyebabkan berbagai penyakit mematikan seperti kanker dan serangan jantung. Selain itu, vitamin C juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang sehingga orang tersebut tidak mudah terserang penyakit.

2. Vitamin D


Vitamin D merupakan salah satu jneis vitamin yang dapat diproduksi oleh tubuh. Vitamin D bisa anda peroleh ketika tubuh anda terkena sinar ultraviolet yang berasal dari sinar matahari. Selain itu, vitamin jenis ini juga bisa anda temukan pada berbagai bentuk makanan hewani seperti ikan, telur, susu, dan berbagai produk turunannya. Selain dapat dimafaatkan untuk mencegah penularan virus corona, vitamin D juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tulang dan gigi.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search