Monday, April 13, 2020

Anistreplase : Obat Untuk Mencegah Terjadinya Pembekuan Darah

Anistreplase : Obat Untuk Mencegah Terjadinya Pembekuan Darah


Darah merupakan salah satu bagian tubuh manusia yang memiliki peranan penting. Darah berfungsi untuk mengangkut oksigen ke jantung dan menyebarkannya ke seluruh tubuh. Saluran yang berfungsi untuk mengalirkan atau mendistribusikan darah ke seluruh tubuh disebut dengan pembuluh darah. Jika pembuluh darah anda tidak memiliki gangguan, maka darah anda dapat mengalir dengan lancar dan anda-pun tidak mengalami gangguan kesehatan. Tetapi, jika pembuluh darah anda mengalami gangguan, seperti penyumbatan yang bisa disebabkan oleh gumpalan lemak ataupun pembekuan darah, maka anda-pun berisiko mengalami berbagai gangguan kesehatan seperti stroke dan serangan jantung.

Pembekuan darah atau yang juga kita kenal dengan sebutan darah kental merupakan hasil dari perubahan tekstur darah dari yang berbentuk cairan menjadi berbentuk gel atau setengah padat. Penggumpalan darah merupakan proses yang normal terjadi ketika adanya sayatan yang menyebabkan luka pada kulit anda. Proses penggumpalan darah bisa membuat darah anda berhenti mengalir keluar tubuh serta dapat menutup luka yang terjadi. Tetapi, jika pembekuan darah terjadi pada pembuluh darah anda, maka darah yang menggumpal mungkin tidak akan larut dengan sempurna dan dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan.

Penyakit pembekuan darah merupakan kondisi yang cukup umum terjadi. Menurut american society of hematology, sebanyak 900.000 oran gmenderita penyakit ini setiap tahunnya, dan 100.000 diantaranya berakhir dengan kematian. Kondisi darah kental atau pembekuan darah dapat diatasi dengan mengurangi beberapa faktor risiko penyebabnya serta dengan mengkonsumsi obat anti pembekuan darah. Salah satu obat yang bisa digunakan untuk mencegah terjadinya pembekuan darah adalah anistreplase. Anistreplase merupakan obat yang sering digunakan untuk mencegah terjadinya pembekuan darah. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa obat ini cukup efektif dalam mengurangi risiko kematian yang menyertai serangan jantung akut.

Anistreplase merupakan obat yang diberikan melalui suntikan pada pembuluh vena sesegera mungkin saat gejala serangan jantung muncul. Suntikan obat hanya boleh diberikan oleh tenaga medis professional seperti dokter atau perawat. Dosis obat diberikan berdasarkan kondisi medis anda dan respon anda terhadap pengobatan yang sedang dilakukan. Beritahu tim dokter jika gejala anda tidak kunjung membaik atau bahkan muncul gejala baru. Anistreplase merupakan salah satu jenis obat yang paling baik jika disimpan dalam suhu ruangan. Jauhkan obat ini dari paparan sinar matahari langsung dan jangan menyimpan obat ini pada tempat yang lembab.

Dosis anistreplase untuk orang dewasa
  • 30 unit selama 5 menit dalam 1 kali suntikan.


Dosis anistreplase untuk anak – anak
  • Hingga saat ini belum ditemukan dosis obat anistreplase yang cocok dan pas untuk pasien anak. Obat ini mungkin mengandung zat berbahaya jika diberikan kepada anak – anak sehingga hanya diperuntukkan bagi pasien dewasa saja.


Efek samping

Sama seperti jenis obat – obatan lainnya, anistreplase juga dapat menimbulkan efek samping jika digunakan. Tetapi, tidak semua orang dapat mengalami dan merasakan efek samping tersebut. Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan obat anistreplase, yaitu :
  • Gatal – gatal
  • Ruam kulit
  • Demam
  • Menggigil
  • Sakit kepala




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search