Monday, April 13, 2020

Mengenal Berbagai Jenis Alat Kesehatan untuk Mendeteksi Virus Corona

Mengenal Berbagai Jenis Alat Kesehatan untuk Mendeteksi Virus Corona


Virus corona, atau yang kini kita kenal dengan sebutan covid-19 merupakan jenis virus yang dapat menyebar dengan sangat cepat. Virus ini bahkan telah menjadi pandemi dunia hanya dalam waktu beberapa bulan saja sejak pertama kali muncul di wuhan, tiongkok. Hingga kini, vaksin untuk menangkal virus corona belum ditemukan. Sehingga, berbagai negara di dunia sedang berusaha keras untuk menghentikan penyebaran virus tersebut dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan memproduksi alat kesehatan yang digunakan untuk melakukan deteksi dini terhadap virus corona. Alat kesehatan ini berguna untuk mendeteksi kemungkinan ada atau tidaknya virus corona dalam tubuh seseorang, sehingga dapat dilakukan upaya pengobatan dan pencegahan ebih lanjut.

Berbagai negara maju seperti amerika serikat, inggris, china dan jepang tengah berlomba – lomba dalam menciptakan dan memproduksi berbagai alat tes untuk mendeteksi virus corona. Negara kita pun juga tidak ketinggalan, pemerintah indonesia juga telah memiliki alat deteksi cepat yang disebut dengan rapid test kit untuk mendeteksi virus corona dalam waktu kurang dari 30 menit. 


Berikut ini merupakan berbagai alat kesehatan yang digunakan untuk mendeteksi virus corona atau covid-19, yaitu :

1. Rapid Test Kit Indonesia

Indonesia merupkan salah satu negara yang sudah memiliki alat deteksi dini covid-19 yang  disebut dengan rapid test kit. Rapid test ini menggunakan metode serologi yang mengambil sampel darah untuk melakukan tes antibodi. Tes ini memanfaatkan kinerja antibodi tubuh dalam menghalau zat asing, termasuk virus. Jadi, ketika ada kuman atau zat asing masuk kedalam tubuh manusia, maka tubuh kita akan menimbulkan reaksi berupa demam. Demam tersebut terjadi karena proses pengenalan antigen oleh sistem imun. Nah, prinsip antibodi tersebut dalam menghalau virus yang akan dideteksi oleh rapid test. Metode ini mendeteksi antibodi penderita yang terbentuk saat tubuh orang tersebut telah terinfeksi virus corona. Metode rapid test hanya bisa mendeteksi penderita yang sudah terinfeksi sekitar 7 – 10 hari. Jadi, jika masa infeksi dibawah angka tersebut, maka penderita yang positi terinfeksi virus corona bisa saja lolos atau terdeteksi negatif dalam rapid test.

2. Alat tes cobas 6800 dan cobas 8800

Amerika serikat merupakan salah satu negara yang telah berhasil menciptakan alat deteksi corona yang diklaim mampu mendeteksi virus corona sepuluh kali lebih cepat dari alat deteksi virus lainnya. Alat tersebut bernama cobas 6800 dana cobas 8800 yang diketahui mampu menganalisis asam nukleat yang diekstraksi dari air liur atau lendir pasien dan membandingkannya dengan urutan yang ditemukan pada virus corona. Cobas 8800 diklaim mampu menguji 4.128 pasien dalam sehari, sedangkan cobas 6800 mampu menguji 1.440 pasien dalam satu hari. Alat ini juga diketahui mampu memberikan hasil tes dalam waktu 4 jam dan memiliki tingkat keakuratan yang sangat tinggi.

3. Tes corona melalui CT Scan


CT Scan bukan lagi teknologi baru dalam dunia medis. Alat ini telah digunakan sejak lama untuk mendeteksi berbagai kelainan yang ada didalam organ tubuh seseorang. Pada kasus infeksi covid-19, alat ini digunakan untuk melihat kondisi paru – paru orang yang diduga terpapar virus corona. Komisi kesehatan hubei bahkan mengaku sudah tidak lagi mengandalkan tes darah untuk mendeteksi corona karena dapat memakan waktu hingga berhari – hari untuk mengetahui hasilnya. Mereka lebih memilih menggunakan teknologi CT Scan guna melihat secara langsung organ pasien yang diduga terpapar covid-19 terutama pada organ paru – paru dan ginjal.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search