Monday, April 13, 2020

Mengenal Jenis Tes Deteksi Corona Di Indonesia

Mengenal Jenis Tes Deteksi Corona Di Indonesia


Virus corona jenis baru atau yang lebih kita kenal dengan sebutan covid-19 merupakan jenis virus yang dapat menyebar dengan sangat cepat. Virus ini dapat menempel di benda mati dan dapat bertahan hingga 9 jam pada benda tersebut. Ketika virus tersebut menempel di fasilitas publik seperti ATM, maka kita dapat membayangkan bahwa akan banyak sekali orang yang terpapar oleh virus tersebut. Ketika virus corona telah menempel pada tangan manusia dan masuk kedalam saluran pernapasan serta menginfeksi sel hidup yang ada didalam tubuh, maka virus tersebut akan menggandakan diri dan membuat infeksinya meyebar ke seluruh tubuh. Infeksi yang ditimbulkan oleh virus corona dapat menyebabkan terjadinya gangguan pernapasan akut hingga dapat membuat seseorang kehilangan nyawa. Oleh karena itu, pemerintah diberbagai negara di dunia sedang berupaya untuk menghentikan penyebaran covid-19.

Upaya dalam menghentikan penyebaran wabah covid-19 dilakukan hampir oleh seluruh negara didunia dengan berbagai cara, sesuai dengan keahlian dari negara masing – masing, salah satunya adalah dengan melakukan berbagai tes kesehatan kepada masyarakat untuk mendeteksi penyebaran virus tersebut. Berbagai tes kesehatan ini dilakukan untuk melakukan deteksi dini kepada seseorang tentang ada atau tidaknya virus corona pada orang tersebut. Jika hasil tes menunjukkan positif, maka orang tersebut akan mendapatkan penangan lebih lanjut dari tim medis. Tetapi, jika hasilnya negatif maka mereka akan dianjurkan untuk menjaga jarak aman dengan orang lain agar tidak tertular virus, dan menerapkan kebiasaan hidup sehat seperti cuci tangan pakai sabun, olahraga teratur, dan mengkonsumsi makanan dan minuman yang bergizi.


Pemerintah inidonesia sendiri, telah menetapkan prosedur deteksi dini terhadap virus corona dengan menggunakan 3 jenis tes, yaitu :

1. Polymerase Chain Reaction

Polymerase chain reaction atau yang disingkat menjadi tes PCR merupakan jenis tes atau pemeriksaan yang menggunakan sampel dari hidung hingga tenggorokan. Sampel lendir pada hidung dan tenggorokan ini diambil karena pada bagian tersebut merupakan tempat berduplikasinya virus corona. Virus yang aktif umumnya memiliki materi genetika bisa berupa DNA, RNA, maupun keduanya. Tetapi, pada virus corona, materi genetiknya hanya berupa RNA saja. Kemudian, RNA inilah yang diamplifikasikan dengan RT-PCR sehingga virus bisa terdeteksi. Sayangnya, pemeriksaan menggunakan metode PCR membutuhkan waktu lama untuk mendapatkan hasil tesnya, karena hanya dapat dilakukan di laboratorium yang ditunjuk oleh pemerintah.

2. Rapid Test

Jika metode PCR membutuhkan waktu lama untuk mendapatkan hasil test-nya, berbeda dengan metode rapid test. Metode tes kesehatan ini hanya memutuhkan waktu sekitar 15 – 20 menit untuk mendapatkan hasilnya. Rapid test sendiri menggunakan sampel darah sebagai media untuk mendeteksi adanya virus atau tidak pada tubuh seseorang. Metode ini melakukan deteksi terhadap kadar immunoglubin yang ada pada darah orang tersebut. Jadi, ketika seseorang terinfeksi atau terjangkit suatu virus, maka sistem kekebalan tubuh orang tersebut akan membentuk suatu antibodi yang disebut dengan immunoglubin. Ketika dalam darah seseorang ada kandungan immunoglubinnya, maka orang tersebut bisa di duga positif terpapar virus. Tetapi, metode ini memiliki kelemahan yaitu dapat menghasilkan false negative, yaitu ketika dengan rapid tes menunjukkan hasil negatif, sedangkan dengan metode PCR menunjukkan hasil positif.

3. Tes Cepat Molekuler


Tes cepat molekuler atau yang disingkat dengan TCM merupakan tes kesehatan yang umum dilakukan untuk mendeteksi penyakit tuberkulosis. Pemeriksaan dengan metode TCM ini menggunakan sampel dahak dengan amplifikasi asam nukleat berbasis catridge. Tes ini akan mengidentifikasi virus corona pada mesin yang menggunakan catridge khusus yang telah didesain untuk mendeteksi virus corona. Hasil tes TCM bisa diketahui dalam waktu kurang dari 2 jam.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search