Monday, April 13, 2020

Remdesivir : Obat Untuk Mengatasi Berbagai Jenis Infeksi Virus

Remdesivir : Obat Untuk Mengatasi Berbagai Jenis Infeksi Virus


Sekarang ini, dunia tengah dihebohkan dengan adanya wabah atau pandemi global yang bernama covid-19. Anda mungkin sering mendengar nama covid-19 yang kini sangat ramai pemberitaannya diberbagai media. Covid-19 merupakan penyakit menular yang ditularkan oleh corona virus jenis terbaru. Penyakit ini awalnya berasal dari kota wuhan di tiongkok dan akhirnya menyebar ke seluruh penjuru dunia. Penyakit covid-19 menyebar dengan sangat cepat dan menimbulkan beberap gejala seperti demam, kelelahan dan batuk kering. Pada kasus yang parah, penyakit ini bahkan dapat menyebabkan kematian. Penyakit covid-19 disebabkan karena adanya infeksi corona virus jenis terbaru yang menyerang saluran pernapasan manusia.

Corona virus sendiri merupakan keluarga besar virus yang dapat menginfeksi hewan dan manusia. Pada manusia, virus ini diketahui menyebabkan beberapa jenis infeksi mulai dari flu biasa hingga penyakit MERS. Covid-19 sebenarnya dapat sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan dalam waktu dua minggu. Tetapi, hal ini hanya dapat terjadi pada orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat. Jika virus tersebut menginfeksi orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah, virus tersebut bisa berakibat fatal dan dapat menyebabkan kematian. Oleh karena itu, berbagai negara tengah berupaya menemukan obat yang bisa digunakan untuk mengobati penyakit tersebut, salah satunya adalah remdesivir.

Remdesivir merupakan obat antivirus terbaru yang termasuk kedalam kelas nukleotida analog. Obat ini bekerja dengan cara mengganggu material genetik milik virus yang pada akhirnya dapat menghambat proses duplikasi virus. Obat ini dikembangkan oleh gilead sciences, sebuah perusahaan biofarmasi yang berdomisili di amerika serikat. Obat ini awalnya digunakan untuk mengatasi wabah ebola yang sempat melanda benua afrika beberapa waktu lalu. Tetapi, kini remdesivir juga termasuk kedalam salah satu obat ujicoba yang akan digunakan untuk mengobati penyakit covid-19. Obat ini merupakan jenis obat yang digunakan dengan cara injeksi dan hanya boleh dilakukan oleh petugas medis profesional. Remdesivir merupakan jenis obat yang paling baik jika disimpan dalam suhu ruangan. Jauhkan obat ini dari paparan sinar matahari langsung dan jangan menyimpannya pada tempat yang lembab.


Dosis remdesivir untuk orang dewasa
  • Karena obat ini masih dalam tahap uji coba, maka dosis obat untuk mengatasi virus corona belum ditentukan. Tetapi, jika menggunakan dosis seperti saat mengobati penyakit ebola, maka dosis obat ini adalah 100 mg yang diberikan sebanyak dua kali dalam sehari.

Dosis remdesivir untuk anak – anak
  • Hingga saat ini belum ditemukan dosis obat remdesivir yang cocok dan pas untuk anak – anak. Obat ini mungkin mengandung zat berbahaya jika diberikan kepada pasien anak sehingga penggunaannya baru sebatas pada pasien dewasa saja.

Efek samping


Sama seperti jenis obat – obatan lainnya, obat remdesivir mungkin dapat menimbulkan efek samping jika digunakan. Tetapi, hingga saat ini belum ditemukan efek samping akibat penggunaan obat tersebut.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search