Monday, April 13, 2020

Mengenal Herd Immunity Dan Pengaruhnya Terhadap Wabah Covid-19

Mengenal Herd Immunity Dan Pengaruhnya Terhadap Wabah Covid-19


Virus corona jenis terbaru atau yang lebih kita kenal dengan sebutan covid-19 telah menjadi salah satu ketakutan dunia. Data terkini yang dirilis oleh WHO per tanggal 1 april 2020 menyebutkan bahwa total jumlah pasien positif covid-19 diseluruh dunia mencapai 859.338 kasus dengan 42.334 orang meninggal dunia dan 178.125 orang telah dinyatakan sembuh. Di indonesia sendiri, angka penyebaran covid-19 sudah merambah ke 32 provinsi dengan jumlah kasus positif corona mencapai 1.528 kasus. Dari 1.528 kasus corona yang terjadi di indonesia, 136 orang meninggal dunia dan hanya 81 orang yang dinyatakan sembuh. Hal ini tentunya menjadi PR kita bersama dalam mengatasi wabah covid-19 di indonesia karena angka kematian akibat covid-19 yang cenderung tinggi dan angka kesembuhannya yang cukup rendah.

Karena pesatnya penyebaran wabah covid-19 di seluruh dunia, berbagai negara berupaya sedang berupaya mencari cara dalam mengatasi pandemi global ini, salah satunya adalah dengan menerapkan herd immunity. Lalu, apa yang dimaksud dengan herd immunity ? Herd immunity sendiri merupakan suatu metode penanganan wabah covid-19 yang disuarakan oleh pemerintah inggris dan belanda. Kepala ilmiah pemerintah inggris yang bernama sir patrick vallance mengusulkan untuk membentuk kekebalan kelompok dengan membiarkan lebih kurang 60% dari populasinya terinfeksi covid-19. Hal ini bertujuan supaya lebih banyak orang yang kebal terhadap penyakit covid-19 serta mengurangi tingkat perpindahannya.

Hal senada juga dikemukakan oleh pemerintah belanda yang menyatakan bahwa lockdown bukanlah pilihan mereka. Mereka justru mempertimbangkan untuk melakukan herd immunity atau penyebaran terkontrol dalam kelompok yang memiliki risiko paling rendah atau dengan kata lain, mereka membiarkan virus corona menginfeksi kelompok muda dan sehat sehingga virus tersebut dapat mati dengan sendirinya di tubuh orang sehat tersebut. Usulan mengenai herd immunity tentunya mengundang banyak komentar dan kritik dari para ahli. Hal ini karena cara tersebut justru dapat memperburuk situasi karena aktivitas serta mobilitas orang muda yang cukup tinggi sehingga risiko terjadinya penularan juga sangat tinggi.

Berdasarkan proyek pengetahuan vaksin yang dilakukan oleh universitas oxford, herd immunity merupakan suatu kondisi ketika sekelompok besar orang menumbuhkan kekebalan imun atas suatu penyakit. Jadi, ketika cukup banyak orang di suatu komunitas yang kebal terhadap suatu penyakit, maka akan sulit sekali bagi virus tersebut untuk menyebar karena tidak banyak orang yang dapat diinfeksi. Contohnya adalah seperti pada kasus campak. Ketika satu orang yang mengalami sakit campak dikelilingi oleh orang yang telah mendapatkan vaksin campak, maka penyakit tersebut akan sulit menular ke individu lain. Dengan begitu, penyakit atau wabah tersebut akan cepat menghilang karena virusnya tidak mudah ditularkan ke kelompok yang rentan karena telah terlindungi oleh kelompok yang kebal tadi.


Herd immunity atau kekebalan kelompok merupakan suatu metode yang memberikan perlindungan kepada kelompok – kelompok yang rentan seperti bayi yang baru lahir, orang lanjut usia, maupun mereka yang terlalu sakit untuk di vaksin. Tetapi, metode ini tidak dapat diterapkan pada semua jenis penyakit menular yang bisa divaksin. Metode ini hanya efektif dilakukan pada penyakit yang penyebarannya dari orang ke orang. Jadi, metode herd immunity ini sangat bergantung pada vaksin. Sehingga, ketika belum ditemukannya vaksin covid-19, maka metode ini sama saja dengan membiarkan sebagian besar orang terinfeksi tanpa perlindungan. Sehingga, cara paling aman untuk mencegah terjadinya penularan covid-19 adalah dengan menjaga jarak aman atau yang saat ini kita kenal dengan istilah social distancing.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search