Monday, April 13, 2020

Sildenafil : Obat Untuk Mengatasi Penyakit Hipertensi Pulmonal

Sildenafil : Obat Untuk Mengatasi Penyakit Hipertensi Pulmonal


Paru – paru merupakan bagian dari organ tubuh manusia yang berfungsi untuk menyaring udara yang masuk. Berdasarkan sudut pandang medis, paru – paru didefinisikan sebagai sepasang organ yang memiliki tekstur kenyal dan berisi udara. Paru – paru berfungsi sebagai tempat pertukaran oksigen yang didapat dari udara dengan karbondioksida yang didapat dari darah. Paru – paru terletak dibagian rongga dada bagian atas, otot dan rusuk membatasi bagian samping, dan diafragma membatasi bagian bawah paru. Paru – paru bekerja dengan cara mengambil oksigen dari udara yang dihirup kemudian masuk ke aliran darah dan didistribusikan ke seluruh bagian sel. Kemudian, paru – paru juga bertugas untuk melepaskan zat karbondioksida yang dihasilkan oleh sel darah yang nantinya akan ditukar dengan zat oksigen.

Sebagai salah satu organ vital yang ada pada tubuh manusia, organ paru – paru juga harus selalu dijaga kesehatannya, karena ada banyak sekali penyakit yang dapat menyerang organ paru – paru, salah satunya adalah penyakit hipertensi pulmonal. Hipertensi pulmonal atau yang memiliki nama lain hipertensi paru merupakan suatu kondisi ketika tekanan didalam pembuluh darah yang berasal dari jantung menuju paru – paru terlalu tinggi. Peningkatan darah pada organ paru – paru ini dapat terjadi karena adanya penyumbatan atau kerusakan pada arteri pulmonal, sehingga jantung harus bekerja lebih keras saat memompa darah ke paru – paru.

Kondisi hiprtensi pulmonal bisa menimbulkan berbagai gejala mulai dari ringan hingga berat seperti Kaki dan pergelangannya bengkak, warna kebiruan pada bibir, Nyeri pada dada bagian depan, pusing, peningkatan ukuran perut, hingga pingsan. Untuk mengatasi kondisi hipertensi pulmonal, anda bisa menggunakan obat sildenafil. Sildenafil merupakan obat yang sering digunakan untuk menangani kondisi tekanan darah tinggi di paru – paru (hipertensi pulmonal). Obat ini bekerja dengan cara mengendurkan dan melebarkan pembuluh darah sehingga organ jantung da paru – paru bisa bekerja dengan baik serta dapat meningkatkan kemampuan fisik.

Obat sildenafil juga tersedia dalam bentuk lain yang dapat digunakan untuk mengatasi disfungsi ereksi pada pria. Obat ini hanya bisa anda peroleh di apotek – apotek berdasarkan resep dari dokter. Sidenafil merupakan jenis obat yang dapat dikonsumsi baik dengan makanan maupun tanpa makanan. Dosis obat selalu diberikan berdasarkan kondisi medis anda dan respon anda terhadap pengobatan yang sedang dilakukan. Jangan coba – coba mengkonsumsi obat melebihi dari dosis yang dianjurkan karena dapat meningkatkan risiko terjadinya efek samping. Sildenafil juga merupakan salah satu jenis obat yang paling baik jika disimpan dalam suhu ruangan. Jauhkan obat ini dari paparan sinar matahari langsung dan jangan menyimpannya pada tempat yang lembab.


Dosis sildenafil untuk orang dewasa

Dosis dewasa untuk hipertensi pulmonal :

  • Dosis awal : 5 – 20 mg secara oral sebanyak tiga kali sehari, setiap 4 – 6 jam
  • Dosis maksimum : 20 mg secara oral sebanyak 3 kali sehari
Dosis dewasa untuk disfungsi ereksi :
  • Dosis awal : 50 mg oral sekali sehari, satu jam sebelum melakukan aktivitas sex.
  • Dosis berkala : 25 – 100 mg oral sekali sehari satu jam sebelum melakukan aktivitas sex.


Dosis sildenafil untuk anak – anak
  • Hingga saat ini belum ditemukan dosis obat sildenafil yang cocok dan pas untuk anak – anak. Obat ini mungkin mengandung zat berbahaya jika dikonsumsi oleh anak – anak sehingga hanya diperbolehkan penggunaannya bagi orang dewasa saja.


Efek samping

Sama seperti jenis obat – obatan lainnya, sidenafil juga dapat menimbulkan efek samping jika digunakan. Tetapi, tidak semua orang dapat mengalami dan merasakan efek samping tersebut. Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan obat sildenafil, yaitu :
  • Gatal – gatal
  • Kesulitan bernapas
  • Pembengkakan pada wajah, lidah, bibir, dan tenggorokkan




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search