Monday, April 13, 2020

Mengenal Beberapa Jenis Dermatitis Beserta Cara Mengatasinya

Mengenal Beberapa Jenis Dermatitis Beserta Cara Mengatasinya


Kulit merupakan bagian atau organ tubuh manusia yang terletak paling luar dan berfungsi untuk melindungi tubuh manusia dari sengatan sinar matahari maupun dari paparan benda asing yang berasal dari luar tubuh. Kulit tersusun atas tiga lapisan, yaitu epidermis, dermis, dan hipodermis. Epidermis merupakan lapisan kulit yang paling luar dan bersentuhan langsung dengan udara udara. Dermis merupakan bagian tengah kulit yang berisi pembuluh darah, akar rambut, ujung saraf, kelenjar keringat, dan kelenjar minyak. Sedangkan hipodermis merupakan lapisan kulit yang paling dalam dan berisi lapisan lemak serta berfungsi untuk menyimpan cadangan makanan, pelindung tubuh terhadap benturan, serta menahan panas tubuh.

Meskipun memiliki fungsi untuk melindungi bagian tubuh yang ada didalamnya, kulit juga dapat mengalami berbagai masalah atau gangguan kesehatan, salah satunya adalah penyakit dermatitis. Dermatitis sendiri merupakan suatu kondisi peradangan yang terjadi pada kulit yang menyebabkan kulit memerah serta menimbulkan rasa gatal. Kondisi ini dapat terjadi pada siapapun, tanpa memandang usia maupun jenis kelamin. Selain itu penyakit dermatitis juga ada beberapa macam dan tiap orang bisa saja mengalami penyakit dermatitis yang berbeda – beda.


Berikut ini merupakan berbagai jenis penyakit dermatitis yang perlu anda ketahui beserta cara mengobatinya, yaitu :

1. Dermatitis atopik

Dermatitis atopik merupakan jenis penyakit kulit yang paling umum terjadi. Penyakit ini juga sering disebut dengan penyakit eksim dan paling sering muncul pada bayi dan anak – anak, terutama anak – anak yang lahir dari orang tua yang memiliki riwayat penyakit asma, alergi makanan, dan penyakit dermatitis itu sendiri. Dermatitis atopik dapat menyebabkan kulit mengalami peradangan yang ditandai dengan munculnya ruam kemerahan yang disertai rasa gatal pada kulit. Seseorang yang mengalami masalah kulit dermatitis atopik tidak diperbolehkan menggaruk kulit yang mengalami masalah, karena justru dapat semakin memperparah kondisi seperti kulit akan menjadi semakin kering dan menebal.

Berikut ini merupakan beragai hal yang dapat menyebabkan dermatitis atopik, yaitu :
  • Kondisi udara yang kering
  • Terpapar iritan
  • Infeksi kulit
  • Perubahan hormon
  • Alergi

Anda bisa mengobati kondisi dermatitis atopik dengan cara :
  • Menjaga kulit tetap lembab dan rutin menggunakan pelembab.
  • Mengoleskan krim atau salep kortikosteroid.
  • Melakukan terapi ultraviolet.


2. Dermatitis kontak

Kondisi dermatitis yang dapat muncul akibat adanya kontak dengan zat atau substansi tertentu disebut dengan dermatitis kontak. Gejala atau reaksi dermatitis jenis ini tidak langsung muncul begitu saja ketika seseorang terpapar oleh substansi tersebut. Gejala yang ditimbulkan dari penyakit dermatitis kontak diantaranya kulit kering, bintik kemerahan, dan rasa gatal pada kulit. Dermatitis kontak juga terbagi lagi menjadi 2 jenis, yaitu dermatitis kontak iritan yang terjadi karena adanya kontak dengan zat iritan seperti detergen, tungau dan berbagai zat lainnya serta dermatitis kontak alergi yang disebabkan karena adanya paparan zat alergen seperti bulu binatang, suhu dingin, maupun berbagai hal lainnya. Untuk mengobati penyakit dermatitis kontak, anda bisa menggunakan krim kortikosteroid, pelembab non kosmetik, hingga menggunakan obat anti histamin.


3. Dermatitis seboroik


Pada umumnya, penyakit dermatitis menyerang kulit tubuh seperti kulit pada bagian kaki maupun bagian tangan. Tetapi, penyakit dermatitis seboroik justru menyerang kulit kepala. Peradangan yang disebabkan oleh dermatitis seboroik biasanya dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan berisisk serta dapat menimbulkan ketombe. Untuk mengobati penyakit dermatitis seboroik, anda bisa menggunakan produk pembersih khusus yang digunakan untuk membersihkan kulit kepala seperti shampoo dan sejenisnya.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search