Monday, April 13, 2020

Efektifkah Berjemur Dibawah Sinar Matahari Dalam Mencegah Virus Corona ?

Efektifkah Berjemur Dibawah Sinar Matahari Dalam Mencegah Virus Corona ?


Virus corona atau yang juga kita kenal dengan nama covid-19 kini sudah memasuki babak baru di indonesia, karena telah melewati masa inkubasi selama 14 hari setelah pertama kali muncul pada awal maret tahun 2020. Data terkini yang dipublikasikan oleh kementrian kesehatan republik indonesia menyebutkan bahwa jumlah kasus positif covid-19 di indonesia mencapai 2.956 kasus dengan 222 orang dinyatakan sembuh, dan 240 orang lainnya meninggal dunia. Karena tingginya angka kematian akibat covid-19, pemerintah republik indonesia melalui kementrian kesehatan beserta jajarannya menganjurkan masyarakat untuk melakukan berbagai upaya pencegahan terhadap covid-19, salah satunya adalah dengan cara berjemur dibawah sinar matahari.

Seperti yang telah kita ketahui, sinar matahari terutama pada pagi hari mengandung zat ultaviolet yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Paparan sinar matahari diketahui juga dapat mengaktifkan vitamin D pada kulit sehingga dapat dirasakan manfaatnya. Selain itu, sinar matahari juga dipercaya dapat membunuh virus corona. Benarkah demikian ? Badan kesehatan dunia atau WHO sendiri menyatakan bahwa hingga kini belum ada penelitian yang menyebutkan bahwa berjemur dibawah sinar matahari bisa mencegah paparan virus corona. Hal ini dibuktikan dengan adanya kasus covid-19 dibeberapa negara tropis dan negara gurun yang memiliki suhu panas serta kering. Jadi, bisa disimpulkan bahwa terpaan sinar matahari diatas suhu 25 derajat celcius tidak dapat mencegah virus corona.

Meskipun demikian, berjemur dibawah sinar matahari pagi tetap memiliki manfaat bagi kesehatan. Paparan sinar matahari diketahui dapat membantu tubuh memproduksi vitamin D secara alami. Vitamin D sendiri merupakan salah satu jenis vitamin yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit. Selain itu, berjemur dibawah sinar matahari juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan penyakit termasuk covid-19, meskipun secara tidak langsung.


Berikut ini merupakan beberapa manfaat yang bisa anda peroleh dari berjemur dibawah sinar matahari, yaitu :
  • Membantu mengurangi depresi, karena sinar matahari diketahui dapat melepaskan hormon stress atau serotonin.
  • Mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.
  • Membantu melancarkan proses penyerapan kalsium.
  • Membantu meningkatkan sistem pertahanan tubuh dalam melawan penyakit.


Meskipun berjemur dibawah sinar matahari memiliki banyak sekali manfaat, tetapi aktivitas yang satu ini juga bisa menimbulkan beberapa efek samping pada sebagian orang seperti terjadinya ruam kemerahan, maupun luka terbakar akibat sinar matahari. 


Oleh karena itu, untuk meminimalisir efek samping dari paparan sinar matahari tersebut, anda perlu melakukan beberapa hal sebagai berikut :
  • Menggunakan tabir surya dengan minimal SPF30.
  • Memakai tabir surya setiap 2 jam sekali.
  • Menghindari paparan sinar matahari langsung dari jam 10 pagi hingga jam 4 sore.
  • Tetap jaga asupan cairan tubuh supaya tidak mengalami dehidrasi.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search