Monday, April 13, 2020

Ketahui Potensi Obat Ivermectin Dalam Upaya Mengatasi Covid-19

Ketahui Potensi Obat Ivermectin Dalam Upaya Mengatasi Covid-19

Hingga hari ini, pemerintah republik indonesia dan hampir seluruh pemerintah negara di dunia sedang berperang dengan sebuah pandemi yang bernama covid-19. Pandemi covid-19 kini sudah menginfeksi hampir seluruh negara di dunia dan telah menyebabkan jutaan orang terinfeksi dan menewaskan puluhan ribu orang. Data terbaru dari kementrian kesehatan RI menyebutkan bahwa hingga kini sudah 4.241 orang yang terkonfirmasi positif covid-19 dengan 359 orang berhasil sembuh dan sebanyak 373 orang lainnya meninggal dunia. Para peneliti di seluruh dunia sedang berusaha untuk menemukan berbagai obat yang bisa digunakan ataupun berpotensi untuk mengobati covid-19, salah satunya adalah obat ivermectin.

Ivermectin merupakan obat antiparasit yang sering digunakan untuk mengobati penyakit yang disebabkan oleh infeksi parasit pada tubuh. Obat ini umumnya diberikan sebagai pengobatan terhadap infeksi cacing gelang. Tidak hanya dapat mengobati infeksi cacing gelang, obat ini diketahui juga efektif mengobati infeksi cacing jenis lainnya seperti enterobiasis dan strongyloidiasis. Selain dapat mengobati infeksi yang disebabkan oleh parasit, obat ivermectin diketahui juga dapat mengobati infeksi yang disebabkan oleh virus, terutama virus jenis RNA yang mana salah satunya adalah virus corona. Sebuah riset yang dilakukan secara kolaboratif oleh monash biomedicine discovery institute dan melbourne university menemukan fakta bahwa obat ivermectin terbukti dapat menurunkan jumlah virus secara signifikan dalam waktu 48 jam.

Dr Kylie wagstaff dari BDI menyatakan bahwa dosis tunggal ivermectin pada dasarnya dapat membunuh virus jenis RNA dalam jangka waktu 48 jam. Bahkan, efek pengurangan jumlah virus juga terjadi secara signifikan dalam kurun waktu kurang dari 24 jam. Tetapi, hasil penelitian tersebut masih bersifat ini vitro, yang berrti dilakukan diluar sel tubuh manusia. Tahap selanjutnya, para peneliti akan mulai mencari dosis obat yang sesuai dan aman digunakan untuk manusia. Meskipun telah teruji keampuhannya, tim riset tersebut mengaku belum dapat menjelaskan secara gamblang perihal cara kerja obat tersebut terhadap virus corona atau covid-19.

Jika dilihat dari reaksinya, obat ivermectin diketahui bekerja dengan cara menghentikan proses replikasi virus corona didalam sel inti. Untuk dapat memahami cara kerja obat ivermectin, anda juga harus memahami bagaimana cara virus corona berkembang biak dan menginfeksi tubuh manusia. Jadi, sebelum berhasil menginfeksi tubuh, virus corona terlebih dahulu masuk atau menyusup ke dalam salah satu sel tubuh. Ketika berhasil masuk, virus tersebut kemudian mereplikasikan dirinya hingga dapat memecahkan inti sel tersebut dan akhirnya menyebar ke seluruh tubuh. Ketika sudah menyebar ke seluruh tubuh, maka infeksi pun sulit untuk dihindarkan.


Oleh karena itu, sebelum virus tersebut menyebar keseluruh tubuh, diperlukan obat untuk menghentikan proses replikasi virus tersebut. Untuk dapat masuk kedalam nucleus atau inti sel hidup, virus corona memerlukan bantuan protein yang disebut dengan cargo transporter. Jadi, obat ivermectin bekerja dengan cara menghambat kinerja cargo transporter tersebut sehingga virus corona tidak dapat masuk kedalam inti sel dan gagal berlipat ganda. Dengan demikian, jumlah virus corona yang ada didalam tubuh berhasil ditekan serta dapat mencegah terjadinya infeksi yang lebih parah.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search