Friday, May 8, 2020

Ampuhkah Vaksin BCG Untuk Mengatasi Covid-19 ?

Ampuhkah Vaksin BCG Untuk Mengatasi Covid-19 ?


Pemerintah indonesia sudah mewajibkan setiap warga negara indonesia untuk mendapakan vaksin BCG sejak dini. Lalu, apa yang dimaksud dengan vaksin BCG ? Vaksin BCG atau yang juga kita kenal dengan imunisasi BCG merupakan imunisasi yang menggunakan vaksin bakteri hidup yang telah dilemahkan, yaitu bakteri mycobacterium tuberculosis. Vaksin BCG (Bacillus Calmette Guerin) disuntikkan kedalam tubuh untuk menimbulkan kepekaan terhadap mycobacterium tuberculosis yang dapat menyebabkan penyakit TB berat. Program imunisasi BCG merupakan program yang telah diwajibkan oleh pemerintah indonesia dengan tujuan untuk menekan angka terjadinya penyakit TB, baik TB meningitis maupun TB milier.

Di lain sisi, dunia kini sedang menghadapi pandemi covid-19 yang sudah menginfeksi hampir seluruh negara di dunia. Bahkan, ilmuan hingga kini belum berhasil menemukan vaksin untuk menangkal covid-19. Namun, sebuah studi terbaru menemukan fakta bahwa angka kematian akibat covid-19 cenderung lebih rendah pada negara yang mewajibkan peberian vaksin BCG terhadap warganya. Para peneliti akhirnya menarik kesimpulan bahwa vaksin ini diduga memiliki peranan penting dalam sistem kekebalan tubuh pasien. Covid-19 merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus corona jenis terbaru, sedangkan vaksin BCG merupakan vaksin yang dibuat untuk mencegah penyakit TBC yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Meskipun keduanya sama sekali berbeda, pada kesempatan kali ini kita akan coba mengulas kaitan antara vaksin BCG dengan covid-19.

Seperti yang telah kita ketahui, hampir seluruh negara didunia telah terinfeksi covid-19 dengan tingkat keparahan yang berbeda – beda. Tetapi, hingga kini belum diketahui mengapa tingkat keparahan tiap – tiap negara bisa berbeda padahal jenis virus yang menginfeksi sama – sama virus corona. Hal inilah yang membuat para peneliti menjadi penasaran dan membuat penelitian mengenai hal tersebut, salah satunya adalah mengenai hubungan vaksin BCG dengan covid-19. Berdasarkan penelitian tersebut, diketahui bahwa negara yang mewajibkan vaksinasi BCG memiliki kasus covid-19 yang lebih rendah serta angka kematian akibat covid-19 yang lebih rendah pula bahkan hingga 6 kali lebih rendah jika dibandingkan dengan negara yang tidak mewajibkannya.

BCG merupakan vaksin yang digunakan untuk mencegah penyakit TBC. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi bakteri mycobacterium tuberculosis. Vaksin ini banyak digunakan oleh negara yang memiliki kasus TBC yang cukup tinggi, seperti indonesia. Selaku pimpinan penelitian tersebut, gonzalu otazu mulai mempelajari pengaruh vaksin BCG terhadap covid-19 setelah melihat rendahnya kasus covid-19 di jepang. Berbeda dengan negara lainnya, jepang merupakan salah satu negara yang masih bisa mengatasi covid-19 tanpa melakukan lockdown. Beliau melansir sejumlah penelitian terdahulu yang menyebutkan bahwa vaksin BCG tidak hanya efektif untuk melawan TBC, tetapi juga efek untuk melawan penyakit lainnya. Kemudian, ia dan timnya pun mulai mengumpulkan data terkait negara mana saja yang mewajibkan warganya mendapatkan vaksin BCG.

Penelitian kali ini berfokus pada negara – negara maju berpenghasilan tinggi yang mengalami kasus covid-19 dalam jumlah yang cukup tinggi. Contoh pertama adalah negara amerika serikat dan italia. Mereka hanya menyarankan vaksinasi BCG bagi orang – orang yang berisiko terjangkit TBC. Kemudian sejumlah negara di eropa seperti spanyol, perancis, jerman, dan inggris pernah mewajibkan vaksinasi BCG, tetapi telah dihentikan sejak puluhan tahun yang lalu. Negara tiongkok juga pernah menerapkan vaksinasi BCG terhadap warganya, tetapi tidak dijalankan dengan baik. Disisi lain, negara jepang dan korea selatan yang dinilai berhasil mengatasi covid-19 dengan baik diketahui telah mewajibkan warganya untuk mendapatkan vaksinasi BCG dan program tersebut dapat berjalan dengan baik.


Vaksin BCG diketahui dapat membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih sensitif terhadap serangan patogen. Jadi, ketika ada patogen baik virus maupun bakteri yang menyerang dengan cara yang mirip dengan TBC, maka tubuh dapat melawannya dengan cara membentuk sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat. Meskipun belum dapat dipastikan keampuhannya, setidaknya sudah ada 6 negara yang kini melakukan uji coba dengan memberikan vaksin BCG kepada tenaga kesehatan dan lansia. Mereka akan dipantau selama beberapa pekan untuk melihat apakah vaksin ini ampuh untuk menangkal covid-19.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search