Friday, May 8, 2020

Estradiol : Obat Untuk Membantu Mengurangi Gejala Menopause

Estradiol : Obat Untuk Membantu Mengurangi Gejala Menopause


Ketika sudah memasuki usia paruh baya atau sekitar 50 tahun, seorang wanita biasanya akan mengalami menopause atau mati haid. Tetapi, sebelum itu terjadi, seorang wanita akan mengalami gejala yang jauh lebih awal. Gejala awal yang datang sebelum masa menopause disebut dengan perimenopause. Kondisi perimenopause mengacu pada periode waktu ketika siklus menstruasi seseorang mulai kacau dan tidak beraturan. Pada beberapa wanita, kondisi ini bisa terjadi selama 1 dekade. Selama masa perimenopause, wanita biasanya akan mengalami beberapa gejala mulai dari siklus haid yang tidak teratur hingga hot flashes atau serangan panas luar biasa yang bergerak naik ke kepala dengan sangat cepat dan membuat anda berkeringat. Selain itu, seorang wanita juga bisa mengalami fluktuasi suasana hati menjadi mudah marah, cemas, dan stress.

Jika dibiarkan begitu saja, kondisi ini tentunya dapat menimbulkan rasa ketidaknyamanan pada wanita. Untuk mengatasinya, anda bisa menggunakan obat estradiol. Estradiol merupakan obat hormon wanita yang digunakan untuk membantu mengurangi gejala menopause seperti rasa panas dan vagina kering. Gejala menopause ini disebabkan karena tubuh wanita lebih sedikit menghasilkan hormon estrogen. Selain dapat digunakan untuk mengurangi gejala menopause, obat estradiol juga bisa digunakan oleh wanita yang telah mengalami menopause untuk mencegah kerapuhan tulang atau osteoporosis. Obat ini juga dapat digunakan untuk mengobati kanker prostat dan kanker payudara yang telah menyebar ke bagian tubuh lain.

Estradiol merupakan jenis obat yang dapat dikonsumsi baik dengan makanan maupun tanpa makanan sesusai dengan arahan dokter. Jika anda mengkonsumsi obat yang berbentuk tablet, jangan coba – coba untuk menghancurkan, mengunyah, maupun melarutkan tablet karena hal tersebut dapat melepaskan semua obat secara bersamaan serta dapat meningkatkan risiko terjadinya efek samping. Dosis obat diberikan berdasarkan kondisi medis anda dan respon anda terhadap pengobatan yang sedang dilakukan. Estradiol merupakan salah satu jenis obat yang paling baik jika disimpan dalam suhu ruangan. Jauhkan obat ini dari paparan sinar matahari langsung dan jangan menyimpannya pada tempat yang lembab.


Dosis estradiol untuk orang dewasa

Estradiol oral :
  • Kanker prostat : 10 mg, 3 kali sehari selama 3 bulan.
  • Gejala vasomotor sedang hingga berat yang terkait dengan menopause : 1 – 2 mg per hari.
  • Pencegahan osteoporosis pada wanita menopause : 0,5 mg per hari.
  • Hipogonadisme : 1 – 2 mg dalam aturan siklis selama 3 minggu.


Dosis estradiol untuk anak – anak
  • Hingga saat ini belum ditemukan dosis estradiol untuk anak – anak. Obat ini memang hanya diperuntukkan bagi pasien dewasa saja.



Efek samping

Sama seperti jenis obat – obatan lainnya, obat estradiol juga dapat menimbulkan efek samping jika digunakan. Tetapi, tidak semua orang dapat mengalami dan merasakan efek samping tersebut. Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan estradiol yaitu :
  • Gatal – gatal
  • Sulit bernapas
  • Pembengkakan wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search