Friday, May 8, 2020

Mengenal Diet Flexitarian

Mengenal Diet Flexitarian


Makanan dan minuman merupakan sumber energi bagi manusia untuk menjalankan aktivitasnya sehari – hari. Asupan makanan yang diterima oleh tubuh setiap hari tentunya harus memiliki nilai gizi tinggi supaya makanan yang dimakan bisa memberikan manfaat optimal bagi tubuh. Meskipun dapat memberikan manfaat, kita tetap tidak boleh makan secara berlebihan dan sembarangan. Usahakan untuk mengatur pola makan serta melakukan diet sehat salah satunya adalah diet flexitarian. Diet flexitarian merupakan jenis diet yang mendorong anda untuk memperbanyak konsumsi buah, sayuran, dan bahan pangan nabati lainnya tanpa menghilangkan bahan pangan hewani.

Diet flexitarian pertama kali diusulkan oleh seorang ahli gizi yang bernama dawn jackson blatner. Beliau merancang pola diet ini untuk orang – orang yang ingin menjalani pola makan sehat sambil tetap menikmati makanan hewani seperti daging dan ikan, tetapi dalam jumlah tertentu. Diet flexitarian merupakan jenis diet baru yang melengkapi kekurangan dari pola diet vegetarian. Pola diet vegetarian memang memberikan manfaat bagi kesehatan. Tetapi, diet ini juga membuat anda berisiko mengalami kekurangan nutrisi yang biasanya diperoleh dari produk hewani seperti vitamin B12, zinc, kalsium, dan asam lemak omega 3.

Oleh karena itu, diet flexitarian hadir supaya orang yang menjalaninya dapat memperoleh manfaat diet vegetarian tanpa harus kehilangan nutrisi dari daging – dagingan, telur, serta produk susu. Karena merupakan jenis diet yang paling lengkap, maka tidak heran jika diet flexitarian dapat memberikan manfaat bagi kesehatan.


Berikut ini merupakan manfaat diet flexitarian bagi kesehatan yaitu :

1. Menurunkan berat badan

Manfaat pertama dari diet flexitarian hampir sama dengn diet jenis lainnya, yaitu dapat menurunkan berat badan. Hal ini karena pada pola diet flexitarian, anda akan lebih banyak mengkonsumsi sayur, buah, kacang, serta biji – bijian utuh yang dapat memberikan rasa kenyang lebih lama. Selain itu, bahan pangan nabati lebih rendah kalori sehingga asupan kalori harian anda juga ikut berkurang. Tetapi, anda harus lebih bersabar karena efek penurunan berat badan pada pola diet flexitarian akan lebih lama jika dibandingkan dengan diet vegetarian maupun diet vegan.

2. Menurunkan risiko diabetes tipe 2

Diet flexitarian diketahui juga memiliki manfaat bagi pengidap diabetes tipe 2 serta orang yang berisiko mengidap penyakit ini. Hal ini karena diet flexitarian dapat meningkatkan asupan serat serta dapat menurunkan asupan lemak jahat dan gula yang menjadi pemicu diabetes. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ahli gizi pernah membandingkan diet flexitarian dan pola makan dengan mengurangi gula, kolesterol, dan lemak jenuh. Setelah 6 bulan, kelompok flexitarian ternyata mengalami penurunan lemak dibawah kulit, sepanjang otot, dan didalam otot. Lemak pada ketiga daerah tersebut diketahui berperan besar dalam meningkatkan risiko diabetes tipe 2. Oleh karena itu, dengan menurunnya tingkat lemak pada area tersebut, maka risiko terkena diabetes tipe 2 juga ikut berkurang.

3. Menurunkan risiko kanker


Diet flexitarian merupakan jenis diet yang kaya akan asupan buah, sayur, biji – bijian, dan kacang – kacangan serta berbagai bahan yang tinggi akan kandungan antioksidan. Antioksidan sendiri merupakan senyawa yang bisa menangkal efek radikal bebas dan melindungi tubuh anda dari pembentukan sel kanker. Berdasarkan sebuah studi terhadap 78.000 orang di amerika serikat, mereka yang menjalani diet flexitarian diketahui berisiko delapan persen lebih kecil terkena kanker usus besar dibandingkan dengan mereka yang tidak menjalaninya.





Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search