Friday, May 8, 2020

Ketahui Manfaat Blewah Bagi Kesehatan

Ketahui Manfaat Blewah Bagi Kesehatan


Siapa sih yang tidak mengenal buah yang satu ini? Blewah merupakan buah yang banyak dijual saat bulan ramadhan dan sering diolah menjadi minuman yang menyegarkan. Blewah merupakan buah jenis labu – labuan yang berbentuk bulat lonjong dengan kulit berwarna jingga terang dengan bercak kehijauan. Dibalik kulit buahnya yang tipis, blewah memiliki daging buah yang tebal, lembut dan bertekstur. Buah yang memiliki nama ilmiah cucumis melo var cantalupensis ini banyak ditemui di pasar – pasar beberapa negara di asia tenggara seperti di indonesia dan malaysia serta memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan. Buah blewah diketahui memiliki beberapa jenis kandungan zat gizi seperti kalium, vitamin A, serat makanan, dan vitamin C. Berbagai kandungan zat gizi yang ada dalam buah blewah juga dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang.
                           
Karena banyaknya kandungan zat gizi yang ada pada blewah, maka tidak heran jika buah yang satu ini memiliki manfaat bagi kesehatan.


Berikut ini merupakan manfaat buah blewah bagi kesehatan yang perlu kamu ketahui, yaitu :

1. Baik untuk kesehatan kulit

Buah blewah merupakan salah satu jenis buah yang diketahui memiliki manfaat untuk kesehatan kulit. Hal ini karena adanya kandungan karotenoid pada buah blewah yang dapat mengurangi risiko terjadinya kanker kulit. Karotenoid juga dapat digunakan untuk menghilangkan rasa sakit dan kerusakan yang terkait dengan paparan sinar matahari. Pigmen karotenoid juga diketahui dapat mencegah terjadinya tanda – tanda penuaan pada kulit termasuk garis – garis halus, perubahan warna, dan keriput.

2. Melancarkan pencernaan

Selain memiliki manfaat untuk kesehatan kulit, buah blewah juga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan. Hal ini karena adanya kandungan air yang sangat melimpah didalam buah blewah sehingga dapat menghidrasi tubuh dan dapat melancarkan buang air besar. Selain itu, buah blewah juga memiliki manfaat untuk mendetoksifikasi tubuh, membuang racun, dan membantu usus untuk dapat mencerna makanan dengan baik.

3. Baik untuk asupan diet

Buah blewah termasuk jenis buah yang rendah kalori dan tinggi serat. Hal ini menjadikan buah blewah sebagai makanan yang tepat bagi anda yang sedang menjalani program diet. Dalam 100 gram buah blewah, diketahui hanya mengandung 60 kalori saja. Selain itu, kandungan air dan nutrisi yang berlimpah pada buah blewah membuat anda tidak perlu khawatir mengalami kekurangan nutrisi saat sedang menjalani diet. Dengan mengkonsumsi buah blewah ataupun menambahkan buah blewah ke dalam menu makanan anda, maka anda pun dapat memaksimalkan proses menurunkan berat badan yang sedang anda lakukan.

4. Mencegah kanker


Buah blewah juga termasuk jenis buah yang kaya akan kandungan antioksidan. Seperti yang telah kita ketahui, antioksidan merupakan suatu senyawa yang bermanfaat untuk menangkal berbagai efek radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai penyakit berbahaya, termasuk kanker.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search