Friday, May 8, 2020

Etonogestrel : Obat Untuk Mencegah Terjadinya Kehamilan

Etonogestrel : Obat Untuk Mencegah Terjadinya Kehamilan


Kehamilan merupakan suatu hal yang sangat diidam – idamkan oleh pasangan yang baru saja menikah. Hal ini karena pasangan yang baru saja menikah pasti ingin sekali mendapatkan keturunan. Tetapi, adakalanya kehamilan juga perlu dibatasi. Hal ini bertujuan untuk menekan jumlah pertumbuhan penduduk sekaligus mendukung program pemerintah, yaitu keluarga berencana. Pada kondisi pasangan suami istri yang sehat dan subur, jika tidak dibatasi dengan KB, mereka bisa setiap tahun melahirkan anak. Oleh karena itu, dibutuhkan program KB aau keluarga berencana untuk mengendalikan angka kelahiran. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengendalikan angka kelahiran adalah dengan mencegah terjadinya kehamilan.

Kehamilan baru bisa terjadi ketika sel sperma pria bertemu dengan sel telur wanita. Jadi, cara untuk mencegah terjadinya kehamilan adalah dengan cara mncegah terjadinya pertemuan antara sel sperma pria dengan sel telur wanita. Ada beberapa metode yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya pertemuan sel sperma dengan sel telur, salah satunya adalah dengan menggunakan obat – obatan. Salah satu  obat yang bisa digunakan untuk mencegah terjadinya kehamilan adalah etonogestrel. Etonogestrel merupkan obat yang digunakan untuk mencegah terjadinya kehamilan. Obat ini berbentuk batang plastik tipis seukuran korek api yang dimasukkan di bawah kulit oleh tenaga medis professional. Batang tersebut akan melepaskan etonogestrel secara perlahan – lahan kedalam tubuh selama 3 tahun. Kemudian, batang harus dibuang setelah 3 tahun atau harus diganti jika KB ingin dilanjutkan.

Etonogestrel merupakan hormon yang digunakan untuk mencegah kehamilan yang bekerja dengan cara mencegah pelepasan sel telur atau ovulasi dan dengan menrubah rahim dan lendir serviks untuk membuat sel telur sulit bertemu dengan sperma. Obat ini mungkin tidak bekerja pada wanita yang mengalami kegemukan atau mereka yang menggunakan obat – obatan tertentu. Selalu baca petunjuk yang tertera pada kemasan obat sebelum anda memutuskan untuk memasangnya pada tubuh anda. Etonogstrel merepakan salah satu jenis obat yang paling baik jika disimpan dalam suhu ruangan. Jauhkan obat ini dari paparan sinar matahari langsung dan jangan menyimpannya pada tempat yang lembab.


Dosis etonogestrel untuk orang dewasa

  • Dosis dewasa untuk kontrasepsi : Implan sebesar 68 mg dimasukkan ke dalam kulit. Implan tidak boleh dibiarkan ditempat lebih dari 3 tahun.

Dosis etonogestrel untuk anak – anak

  • Hingga saat ini belum ditemukan dosis obat etonogestrel yang cocok dan pas untuk anak – anak. Obat ini mungkin mengandung zat berbahaya jika digunakan oleh anak – anak sehingga hanya di peruntukkan penggunaannya bagi pasien dewasa saja.

Efek samping

Sama seperti jenis obat – obatan lainnya, obat etonogestrel juga dapat menimbulkan efek samping jika digunakan. Tetapi, tidak semua orang dapat mengalami dan merasakan efek samping tersebut. Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan obat etonogestrel, yaitu :

  •  Nyeri, mati rasa, dan kesemutan pada lokasi implan.
  • Pendarahan kecil atau jaringan parut pada area implan.
  • Perubahan periode menstruasi.
  • Sakit kepala ringan, pusing, perubahan mood.
  • Mual, nyeri perut ringan, dan nyeri punggung.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search