Friday, May 8, 2020

Ketahui Penyebab Sakit Kepala Saat Puasa Beserta Cara Mengatasinya

Ketahui Penyebab Sakit Kepala Saat Puasa Beserta Cara Mengatasinya


Puasa merupakan salah satu jenis ibadah yang dilaksanakan oleh umat islam di seluruh dunia pada saat bulan ramadhan. Ketika berpuasa, umat islam diharuskan untuk menahan lapar, haus, dan berbagai hawa nafsu negatif selama belasan jam, mulai dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Ketika menjalani ibadah puasa, terkadang kita sering mengalami beberapa jenis gangguan kesehatan, salah satunya adalah sakit kepala. Jika sakit kepala muncul pada hari biasa, mungkin kita bisa langsung mengatasinya dengan cara mengkonsumsi obat sakit kepala. Tetapi, apa yang harus kita lakukan jika sakit kepala datang ketika kita sedang menjalankan ibadah puasa ? Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai penyebab sakit kepala saat puasa beserta cara mengatasinya.

Sakit kepala merupakan suatu kondisi yang dapat terjadi pada semua orang. Kondisi ini ditandai dengan timbulnya rasa sakit pada area kepala seperti mencengkram dan berat. Kondisi ini juga sering muncul pada siang hari saat kita sedang menjalankan ibadah puasa, serta dapat berlangsung sepanjang hari. Lalu, apa yang menyebabkan terjadinya sakit kepala tersebut ? Pada setiap orang, penyebab sakit kepala saat puasa bisa berbeda – beda tergantung dari penyebab dan kondisi kesehatan dari setiap orang.


Tetapi, umumnya sakit kepala saat puasa disebabkan oleh beberapa hal sebagai berikut ini, yaitu :

1. Dehidrasi

Dehidrasi merupakan salah satu penyebab utama dari sakit kepala yang terjadi saat puasa. Kondisi ini bisa terjadi ketika anda tidak cukup mengkonsumsi cairan saat buka puasa hingga sahur. Dehidrasi atau kekurangan cairan dapat menyebabkan volume otak menjadi menyusut dan tidak mendapatkan asupan oksigen yang cukup. Hal ini membuat selaput otak mengirimkan sinyal rasa sakit ke seluruh bagian otak.

2. Hipoglikemia

Hipoglikemia merupakan suatu kondisi kesehatan ketika kadar glukosa atau gula darah dalam tubuh menurun secara drastis. Glukosa sangat dibutuhkan oleh otak sebagai sumber energi untuk dapat berfungsi normal. Glukosa diperolah dari asupan makanan atau minuman yang masuk kedalam tubuh. Jadi, ketika tubuh anda tidak menerima asupan makanan dan minuman selama berjam – jam, maka tubuh anda pun akan mengalami kekurangan glukosa. Hal ini tentunya dapat menimbulkan beberapa gejala seperti sakit kepala, pusing, mual, dan linglung. Jika dibiarkan tanpa penanganan, kondisi ini bisa menyebabkan seseorang mengalami pingsan atau hilang kesadaran.

3. Perubahan pola tidur

Saat bulan puasa, terjadi perubahan pola tidur yang drastis, yaitu anda diharuskan bangun lebih awal untuk makan sahur. Kondisi ini tentunya dapat membuat anda mengalami kurang tidur hingga dapat menimbulkan terjadinya perubahan jam biologis. Hal ini tentunya berisiko menyebabkan sakit kepala.


Untuk mengatasi sakit kepala saat puasa, anda bisa melakukan beberapa hal sebagai berikut, yaitu :

1. Melakukan pemijatan ringan

Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk mengatasi sakit kepala saat puasa adalah dengan melakukan pemijatan ringan pada area kepala. Anda bisa membuat gerakan melingkar dengan jari, dari kedua tulang pipi anda. Kemudian, perlahan geser jari semakin ke atas tepatnya ke sisi kedua mata anda. Teruskan proses pemijatan hingga jari – jari anda bertemu di bagian tengah dahi.

2. Kompres dingin


Cara lain yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan sakit kepala saat puasa adalah dengan melakukan kompres dingin. Anda hanya perlu menyiapkan es batu kemudian bungkus dengan kain lembut. Kemudian, tempelkan es batu tersebut pada bagian kepala yang sakit.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search