Friday, May 8, 2020

Ketahui Manfaat Cumi – Cumi Bagi Kesehatan

Ketahui Manfaat Cumi – Cumi Bagi Kesehatan


Bagi para penggemar seafood, mungkin anda sudah tidak asing dengan hidangan yang satu ini. Cumi – cumi merupakan hewan laut yang sering diolah menjadi makanan lezat. Hewan laut yang satu ini bisa diolah menjadi beragam aneka masakan mulai dari oseng – oseng cumi, sambal cumi, cumi asin, dan sebagainya. Selain karena memiliki rasa yang lezat, cumi – cumi ternyata juga memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Hal ini karena tingginya kandungan gizi yang ada pada cumi – cumi seperti adanya kandungan vitamin, mineral, protein dan berbagai zat gizi lainnya. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas lebih banyak mengenai cumi – cumi dan manfaatnya bagi kesehatan.
                               
Cumi – cumi merupakan kelompok hewan cephalopoda besar atau jenis molusca yang hidup dilaut. Cumi – cumi termasuk jenis hewan invertebrata atau tidak bertulang belakang. Hewan ini umumnya berukuran sekitar 15 cm, tetapi ada pula cumi – cumi jenis tertentu yang bisa berukuran hingga 15 meter. Cumi – cumi merupakan hewan laut yang memiliki tekstur kenyal dan memiliki rasa yang gurih jika sudah dimasak. Hal ini tentunya menjadikan cumi – cumi sebagai salah satu hidangan favorit bagi para pecinta seafood. Selain memiliki rasa yang lezat, cumi – cumi ternyata juga memiliki manfaat bagi kesehatan.


Berikut ini merupakan beberapa manfaat cumi – cumi bagi kesehatan yang perlu anda ketahui, yaitu :

1. Membantu menurunkan kadar Kolesterol

Cumi – cumi diketahui memiliki kandungan kalori dan lemak yang sangat rendah. Dalam setiap 100 gramnya, cumi – cumi diketahui hanya memiliki kandungan lemak total sebesar 1,2 gram saja, dan kandungan lemak jenuhnya hanya sebesar 0,5 gram. Lemak tak jenuh dianggap sebagai lemak sehat yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Sedangkan lemak jenuh merupakan lemak jahat yang justru dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Cumi – cumi memiliki kandungan lemak tak jenuh yang lebih banyak dibandingkan lemak jenuhnya, sehingga jika anda rutin mengkonsumsi cumi – cumi, maka anda juga bisa mengendalikan kadar kolesterol dalam darah.

2. Membantu membangun otot

Selain memiliki kandungan lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan, cumi – cumi ternyata juga mengandung protein yang dapat membantu membangun otot. Dalam setiap 100 gramnya, cumi – cumi diketahui menyediakan protein sebesar 16 gram atau sekitar 30% dari kebutuhan protein harian tubuh. Protein sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk membentuk otot yang sehat serta bermanfaat pula untuk membantu mengontrol nafsu makan.

3. Memasok kebutuhan vitamin harian tubuh


Selain memiliki kandungan lemak baik dan protein, cumi – cumi diketahui juga mengandung beberapa jenis vitamin. Dalam 100 gramnya, cumi – cumi mengandung sedikitnya 10 mcg vitamin A, 56 mcg vitamin B6, 1,3 mcg vitamin B12, 4,7 mg vitamin C, dan 1,2 mg vitamin E. Selain mengandung beberapa jenis vitamin tersebut, cumi – cumi diketahui juga mengandung beberapa jenis mineral yang bermanfaat bagi tubuh seperti kalsium, zat besi, magnesium, dan sodium. Berbagai kandungan vitamin dan mineral yang ada pada cumi – cumi diketahui memegang peranan penting dalam proses perkembangan tubuh.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search