Friday, May 8, 2020

Ketahui Hal Yang Terjadi Pada Tubuh Saat Sedang Berpuasa

Ketahui Hal Yang Terjadi Pada Tubuh Saat Sedang Berpuasa


Puasa merupakan ibadah wajib bagi umat islam yang dilakukan saat bulan ramadhan. Selama menjalani ibadah puasa, tubuh kita tidak mendapatkan asupan makanan ataupun minuman selama lebih dari 12 jam. Oleh karena itu, dibutuhkan beberapa cara khusus supaya tubuh kita tetap bugar dan fit selama menjalani ibadah puasa. Tahukah anda, apa yang terjadi pada tubuh kita selama menjalankan ibadah puasa? Pada hari biasa, tubuh kita tentunya mendapatkan asupan nutrisi secara terutur yang diperoleh dari makanan atau minuman yang kita konsumsi. Tetapi, pada saat menjalankan ibadah puasa, tubuh kita tidak mendapatkan nutrisi tersebut, sehingga terkadang kita merasakan lemas ataupun lesu ketika menjalani aktivitas sehari – hari. Tetapi, dibalik lemasnya tubuh kita saat berpuasa, ternyata ada kebaikan yang diperoleh oleh tubuh. Berikut ini merupakan ulasannya.
                          
Selama bulan ramadhan, umat islam mengalami perubahan gaya hidup, mulai dari perubahan pola makan, perubahan waktu tidur dan bangun tidur, hingga perubahan aktivitas fisik sehari – hari. Hal ini tentunya juga menimbulkan banyaknya perubahan yang terjadi pada tubuh kita. Perubahan yang terjadi pada tubuh kita saat menjalani ibadah puasa umumnya meliputi perubahan fisiologi, hematologi, dan biokimia darah yang sering kita sebut sebagai fisiologi berpuasa. Perubahan yang terjadi didalam tubuh setiap orang cenderung berbeda – beda, tergantung dari lamanya orang tersebut berpuasa. Jadi, tubuh kita baru memasuki mode puasa setelah 8 jam dari makan terakhir, dimana usus kita selesai menyerap berbagai nutrisi dari makanan.
                                 
Pada kondisi normal, Glukosa yang ada didalam tubuh kita disimpan oleh organ liver dan otot serta digunakan sebagai sumber energi utama. Tetapi, selama menjalankan ibadah puasa, penyimpanan glukosa inilah yang dibakar pertama kali untuk memasok energi bagi tubuh kita supaya dapat menjalankan aktivitas sehari – hari. Setelah penyimpanan glukosa dibakar habis, maka cadangan lemak akan menjadi sumber energi selanjutnya. Tetapi, jika puasa dilakukan berkepanjangan, maka tubuh terpaksa menggunakan protein sebagai sumber energi. Penggunaan protein sebagai sumber energi bukanlah hal yang sehat. Hal ini karena protein yang dipecah berasal dari otot, sehingga lama kelamaan otot bisa menyusut dan melemah.

Tetapi, puasa ramadhan hanya berlangsung selama 13 jam. Waktu tersebut merupakan waktu yang tepat karena bertepatan dengan waktu pergantian energi dari liver ke lemak sebagai sumber energi ke dua, sehingga tidak sampai menyebabkan terjadinya pemecahan protein dan komposisi otot pun tetap terjaga. Pembakaran lemak ini sangat bermanfaat untuk proses penurunan berat badan serta penurunan kolesterol darah. Dengan berkurangnya berat badan, maka kontrol anda terhadap penyakit diabetes juga menjadi lebih baik. Selain itu, penurunan kolesterol yang terjadi selama anda menjalankan ibadah puasa juga dapat menghindarkan anda dari berbagai penyakit metabolik seperti obesitas, penyakit jantung koroner, dan penyakit stroke.


Saat sedang berpuasa, tubuh juga melakukan proses detoksifikasi. Detoksifikasi sendiri merupakan proses keluarnya racun dari dalam tubuh. Kemudian, setelah beberapa hari berpuasa, tubuh juga mengalami peningkatan hormon endorfin yang menyebabkan terjadinya peningkatan kewaspadaan, daya kognitif, serta kesehatan mental. Tetapi, perlu anda ingat bahwa selama menjalankan ibadah puasa, terjadi pembatasan asupan cairan yang masuk kedalam tubuh. Hal ini membuat tubuh mengalami kekurangan elektrolit dan potasium. Untuk mengatasi hal tersebut, anda harus mengkonsumsi banyak air saat makan sahur supaya kebutuhan cairan tubuh harian anda tetap terpenuhi dan anda tidak mengalami dehidrasi.





Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search