Friday, May 8, 2020

Tretinoin : Obat Untuk Mengatasi Jerawat

Tretinoin : Obat Untuk Mengatasi Jerawat


Memiliki kulit wajah yang putih dan bersih tanpa jerawat tentu menjadi dambaan bagi setiap orang. Tetapi, pada kenyataannya setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda – beda. Ada orang yang memiliki kulit sehat dan bersih, tetapi ada pula orang yang memiliki kulit berminyak serta berjerawat. Lalu, bagaimana cara mengatasi kulit yang berjerawat sehingga menjadi bersih dan sehat ? Jerawat sendiri merupakan suatu keadaan ketika pori – pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. Kondisi ini terjadi karena adanya perubahan hormonal yang merangsang aktivitas kelenjar minyak dikulit. Hal ini membuat kulit menghasilkan lebih banyak minyak dari biasanya serta dapat memicu munculnya jerawat.
                           
Untuk mengatasi kulit yang berjerawat, anda bisa menggunakan obat tretinoin. Tretinoin merupakan obat yang berfungsi untuk mengatasi jerawat. Obat ini diketahui dapat mengurangi jumlah dari rasa sakit akibat jerawat serta mendorong proses pemulihan cepat pada jerawat yang sedang berkembang. Tretinoin termasuk kedalam jenis obat retinoid yang bekerja dengan cara mempengaruhi pertumbuhan pada sel – sel kulit. Obat ini juga dapat digunakan untuk memperbaiki penampilan kulit dan mengurangi timbulnya keriput halus pada kulit. Bacalah panduan atau petunjuk pemakaian obat sebelum anda menggunakan obat ini dan ikutilah instruksi yang diberikan oleh dokter anda.

Tretinoin merupakan obat yang digunakan dengan cara dioleskan ke kulit. Cucilah tangan anda sebelum menggunakan obat ini. Kemudian, bersihkan bagian kulit yang terinfeksi dengan perlahan menggunakan pembersih lalu keringkan. Selanjutnya, gunakan jari anda untuk mengeluarkan sedikit obat pada alas tipis, kemudian oleskan secara tipis – tipis pada area kulit yang bermasalah. Tetapi, sebelum mengoleskan obat, anda harus menunggu terlebih dahulu sekitar 20 – 30 menit setelah membersihkan wajah sebelum anda mengaplikasikan obat ini ke wajah anda. Gunakanlah secara teratur untuk mendapatkan manfaat yang maksimal. Tretinoin merupakan salah satu jenis obat yang paling baik jika disimpan dalam suhu ruangan. Jauhkan obat ini dari paparan sinar matahari langsung dan jangan menyimpannya pada tempat yang lembab.


Dosis tretinoin untuk orang dewasa
  • Gunakan sedikit pada area yang terinfeksi sebanyak satu kali sehari ketika hendak tidur.

Dosis tretinoin untuk anak – anak
  • Hingga saat ini belum ditemukan dosis obat tretinoin yang cocok dan pas untuk anak – anak. Obat ini mungkin mengandung zat berbahaya jika digunakan oleh anak – anak sehingga penggunaannya hanya diperuntukkan bagi orang dewasa saja.


Efek samping

Sama seperti jenis obat – obatan lainnya, obat tretinoin juga dapat menimbulkan efek samping jika digunakan. Tetapi, tidak semua orang dapat mengalami dan merasakan efek samping tersebut. Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan obat tretinoin, yaitu :
  • Reaksi alergi
  • Pembengkakan pada wajah, lidah, bibir, dan tenggorokan



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search