Friday, May 8, 2020

Mengenal Kondisi Neutropenia

Mengenal Kondisi Neutropenia


Darah merupakan salah satu bagian tubuh manusia yang berbentuk cairan dan berfungsi untuk mengangkut oksigen dan mengedarkannya ke seluruh tubuh. Karena memiliki peranan yang cukup penting didalam proses metabolisme tubuh, maka darah juga harus selalu di jaga kesehatannya. Hal ini karena darah juga dapat mengalami gangguan, salah satunya neutropenia. Neutropenia merupakan suatu kelainan yang terjadi pada kadar neutrofil yang ada didalam tubuh. Neutrofil sendiri merupakan salah satu jenis sel darah putih yang terbentuk didalam sumum tulang. Seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa sel darah putih memiliki peranan penting dalam menjaga daya tahan tubuh seseorang. Jadi, ketika ada salah satu bagiannya yang mengalami gangguan termasuk bagian neutrofil, hal tersebut tentunya juga berdampak pada menurunnya sistem kekebalan tubuh orang tersebut.
                  
Neutrofil bergerak di dalam aliran darah dan merupakan salah satu bagian dari sistem kekebalan tubuh. Sel ini akan melepaskan zat kimia untuk membunuh mikroorganisme asing seperti bakteri dan virus yang menyerang dan membahayakan tubuh. Peran neutrofil sangat penting untuk melawan berbagai jenis infeksi, terutama infeksi yang disebabkan oleh bakteri, virus, dan jamur. Pada orang dewasa, kondisi neutropenia ditandai dengan kadar neutrofil yang kurang dari 1500 per mikroliter darah. Sedangkan pada anak – anak, jumlah sel yang mengindikasikan penyakit ini cenderung bervariasi tergantung dari usia. Beberapa orang yang mengalami kekurangan neutrofil atau memiliki kadar neutrofil dibawah rata – rata terkadang tidak berisiko mengalami infeksi. Tetapi, sebagian orang lainnya justru berisiko tinggi mengalami berbagai jenis infeksi.

Neutropenia merupakan kondisi kesehatan yang sangat jarang terjadi. Diperkirakan hanya terdapat 1 – 3 kasus dari populasi 1 juta penduduk per tahunnya. Kondisi ini lebih sering ditemukan pada pasien yang mengalami kondisi kesehatan tertentu seperti pada pasien HIV, leukemia akut dan syndrom myelodisplastik. 


Kondisi ini terbagi menjadi 4 jenis, yaitu :
  • Bawaan lahir. Kondisi neutropenia karena bawaan lahir biasanya terjadi sejak seseorang masih berada didalam kandungan. Salah satu kondisi neutropenia bawaan lahir yang paling parah adalah sindrom kostmann. Sindrom kostmann merupakan suatu kondisi ketika tubuh memiliki kadar neutrofil yang sangat rendah. Kondisi ini mengakibatkan bayi menjadi sangat rentan mengalami berbagai infeksi serius.
  • Siklik. Neoutropenia jenis ini menyebabkan kadar neutrofil seseorang berubah – ubah dalam siklus 21 hari. Kadar neutrofil dalam tubuhnya bisa berada dalam kondisi normal, tetapi bisa berubah secara drastis sewaktu – waktu. Periode siklik ini dapat berlangsung selama beberapa hari, kemudian akan kembali normal dengan sendirinya.
  • Autoimun. Neutropenia jenis ini terjadi ketika tubuh seseorang membentuk antibodi yang justru melawan sel – sel sehat yang ada didalam tubuh, termasuk melawan neutrofil. Antibodi akan terus mematikan sel – sel neutrofil sehingga tubuh memiliki kadar neutrofil yang sangat rendah. Kondisi ini biasanya terjadi secara tiba – tiba.

Penyebab utama dari neutropenia adalah karena sedang menjalani pengobatan kemoterapi untuk kanker. Terkadang, ketika sedang menghancurkan sel kanker, sel  - sel tubuh yang sehat juga ikut hancur. Kondisi ini tentunya menyebabkan terjadinya penurunan sistem imun tubuh sehingga seseorang menjadi rentan terkena infeksi.


Untuk mengatasi kondisi neutropenia, tim dokter biasanya akan melakukan beberapa upaya pengobatan sebagai berikut :
  • Memberikan antibiotik untuk infeksi bakteri.
  • Transfusi sel darah putih granulosit.
  • Imunoglobulin.
  • Glukokortikosteroid.
  • Transplantasi sumsum tulang.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search