Friday, May 8, 2020

Ketahui Tips Aman Selama Wabah Covid-19 Untuk Penderita Diabetes

Ketahui Tips Aman Selama Wabah Covid-19 Untuk Penderita Diabetes


Para penderita diabetes atau yang juga dikenal sebagai diabetesi merupakan salah satu kelompok yang paling rentan tertular covid-19. Oleh karena itu, diperlukan penanganan khusus terhadap para penderita diabetes selama pandemi covid-19. Diabetes sendiri merupakan suatu gangguan metabolisme kronis yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah disertai dengan gangguan metabolisme karbohidrat, lipid, dan protein sebagai akibat dari insufisiensi fungsi insulin. Hal ini membuat tubuh para penderita diabetes tidak mampu memproduksi insulin sesuai dengan kebutuhan tubuh. Padahal, jika tubuh tidak memiliki insulin dalam jumlah yang cukup, maka sel – sel tubuh tidak dapat menyerap dan mengolah glukosa menjadi energi.
                         
Hal inilah yang membuat para penderita diabetes memiliki sistem kekebalan tubuh yang rendah sehingga sangat rentan mengalami berbagai infeksi, salah satunya adalah covid-19. Oleh karena itu, sangat penting bagi para penderita diabetes untuk selalu menjaga kstabilan gula darah mereka. International diabetes federation menyarankan para penderita diabetes supaya mengikuti anjuran pencegahan corona secara seksama seperti rutin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, rutin menggunakan hand sanitizer, tidak menyentuh wajah dan berbagai upaya pencegahan lainnya. Selain itu, para penderita diabetes juga memerlukan perawatan tambahan untuk menjaga kestabilan gula darahnya.


Berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa dilakukan oleh para penderita diabetes supaya tetap aman selama wabah covid-19, yaitu :

1. Rutin mengukur kadar gula darah

Para penderita diabetes dianjurkan untuk memeriksa kadar gula darahnya setidaknya sebanyak 3 kali dalam sehari, yaitu Pagi hari, sebelum makan, dan sesudah makan. Dengan melakukan pengecekan gula darah secara rutin, maka anda akan terhindar dari gejala atau komplikasi diabetes yang tidak diinginkan.

2. Jaga cairan tubuh dan konsumsi cemilan sehat

Penderita diabetes tidak bisa sembarangan dalam mengkonsumsi makanan. Jika tidak dijaga dengan baik, bisa saja gula darahnya naik secara drastis. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi para penderita diabetes untuk mengkonsumsi makanan dan camilan yang sehat seperti kacang kedelai, kacang almond, dan berbagai jenis buah – buahan. Selain itu, penderita diabetes juga harus selalu menjaga menjaga cairan tubuhnya, dan jangan sampai mengalami dehidrasi karena dapat meningkatkan kadar glukosa dalam darah.

3. Pastikan persediaan obat yang cukup dan jangan telat meminumnya


Saat kondisi pandemi covid-19 seperti ini, pasien diabetes tidak bisa keluar masuk rumah sakit secara bebas. Hal ini karena pelayanan seluruh rumah sakit hanya difokuskan untuk pasien covid-19 saja. Selain itu, dikhawatirkan pasien diabetes dapat tertular covid-19 jika datang kerumah sakit. Oleh karena itu, usahakan supaya memiliki persediaan obat yang cukup supaya tidak perlu bolak balik ke rumah sakit ataupun ke apotek dan jangan sampai telat meminum obatnya.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search