Friday, May 8, 2020

Mengenal Penyakit Gaucher

Mengenal Penyakit Gaucher


Sebagian orang mungkin masih belum mengetahui tentang penyakit gaucher. Yaps, penyakit gaucher merupakan salah satu jenis penyakit langka yang sangat jarang terjadi. Penyakit gaucher merupakan suatu jenis penyakit yang disebabkan oleh penumpukkan zat berlemak tertentu pada beberapa bagian organ tubuh seperti pada organ limfa dan organ hati. Penyakit ini dapat membuat organ tubuh yang terpengaruh menjadi lebih besar dan tentunya dapat menyebabkan terjadinya penurunan fungsi organ. Tumpukan lemak yang terkait dengan penyakit gaucher diketahui juga dapat menumpuk pada jaringan tulang. Hal ini dapat melemahkan struktur tulang serta dapat meningkatkan risiko terjadinya keretakkan tulang. Selain itu, penyakit ini juga dapat mempengaruhi sumsum tulang. Apabila sumsum tulang terganggu, maka kemampuan darah untuk membeku-pun dapat terganggu pula.
                 
Penyakit gaucher merupakan penyakit langka yang tidak bisa disembuhkan. Berbagai pengobatan yang dilakukan terhadap penyakit ini hanya bertujuan untuk mengurangi tingkat keparahan penyakit. 


Penyakit gaucher terbagi menjadi tiga jenis, yaitu :
  • Tipe 1 : Menyebabkan terjadinya pembesaran hati dan limfa, nyeri tulang dan tulang patah, serta menimbulkan terjadinya gangguan pada paru – paru dan ginjal. Penyakit gaucher tipe 1 tidak sampai mempengaruhi otak dan dapat terjadi pada pasien dengan usia berapapun.
  • Tipe 2 : Menyebabkan terjadinya kerusakan serius pada otak. Kondisi ini paling sering muncul pada bayi dan kebanyakan anak yang mengalami penyakit gaucher tipe 2 meninggal sebelum usia 2 tahun.
  • Tipe 3 : Kemungkinan terjadi pembesaran hati dan limfa. Otak terpengaruh secara bertahap. Kondisi ini biasanya dimulai sejak masa kecil atau remaja.

                           
Penyakit gaucher memiliki gajala yang sangat bervariasi. Saudara kandung bahkan pasangan kembar identik yang memiliki penyakit ini pun dapat memiliki gejala yang berbeda – beda satu sama lain. Beberapa orang yang mengalami penyakit ini tidak mengalami gejala apapun. 



Tetapi, sebagian orang lainnya dapat mengalami beberapa gejala, diantaranya :
  • Keluhan terhadap perut. Karena hati dan limfa membesar secara drastis, maka perut dapat terasa sakit.
  • Kelainan tulang. Penyakit gaucher merupakan jenis penyakit yang dapat melemahkan tulang. Penyakit ini juga dapat meningkatkan risiko terjadinya patahan yang sakit pada tulang. Kondisi ini juga dapat mengganggu suplai darah pada tulang, serta dapat menyebabkan sebagian tulang menjadi mati.
  • Kelainan darah. Penyakit gaucher juga menyerang sel – sel yang berperan dalam proses pembekuan darah, sehingga dapat membuat seseorang menjadi mudah memar dan mimisan.

Penyakit gaucher disebabkan oleh defisiensi enzim glucocerebrosidase. Enzim ini berperan untuk memecah zat berlemak yang ada didalam tubuh. Kemudian, ketika tubuh anda tidak cukup menghasilkan enzim glucocerebrosidase, maka tubuh anda-pun tidak dapat memecah lipid dengan baik sehingga lipid dapat menumpuk disekitar organ. Kondisi ini diturunkan secara genetik dari orang tua anda. Penyakit gaucher merupakan penyakit yang tidak bisa disembuhkan, sehingga perawatan yang diberikan hanya bertujuan untuk mengurangi tingkat keparahan penyakit.


Berikut ini merupakan beberapa upaya yang bisa anda lakukan untuk meringankan kondisi penyakit gaucher, yaitu :
  • Istirahat yang cukup.
  • Membagi tugas besar menjadi beberapa tugas kecil.
  • Tidur lebih cepat.
  • Tetap aktif bergerak.


Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search